Cara Batasi Pemakaian Data Internet di Android

Seperti yang mungkin kamu ketahui, tidak semua orang mempunyai modal internetan yang pas untuk melakukan kegiatannya di dunia maya. Yang menjengkelkan, di saat-saat genting, mobile-data justru sudah menunjukkan grafik pada angka nol yang menandakan bahwa kuota kamu telah habis.

Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu perlu membatasi penggunaan data Internet di Android. Tenang saja, hampir seluruh versi Android telah menyediakan fitur ini, jadi kamu tak perlu repot-repot menginstal aplikasi.

Di Android Jelly Bean (4.12)  terdapat dua level opsi pembatasan. Level pertama ialah bersifat peringatan, di mana sistem akan memberitahukan bahwa kuota kamu melewati batas yang telah ditentukan namun masih diberikan “toleransi”. Sedang level kedua adalah batas penggunaan Internet maksimum, sistem bakal mematikan data seluler jika telah melewati batas tersebut.

Jangan khawatir jika tidak tahu caranya. Untuk mengatur kedua level tersebut secara teratur, inilah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti….

1. Langkah pertama adalah pergi ke tab Pengaturan (Settings).

2. Pilih Data Usage.

3. Pilih salah satu jaringan operator yang hendak kamu batasi penggunaannya dan centang Set mobile data limit. Sebagai contoh di bawah, karena penulis hanya memiliki satu SIM card, maka penulis pilih CDMA.

4. Akan ada jendela peringatan terkait tindakan ini. Jika ingin melanjutkan, klik tombol OK.

5. Selanjutnya kamu bakal dipersilakan mengatur batas penggunaan Internet. Yang perlu dilakukan hanyalah menggeser dua untal garis berwarna oranye dan merah ke tingkat yang dihendaki. Sebagai contoh di bawah, penulis mengatur garis oranye 1.25 GB dan batas maksimumnya 1.74 GB.

Perlu digarisbawahi, menentukan batas penggunaan Internet yang terlalu rendah dapat mengakibatkan data seluler mati di saat-saat dibutuhkan. Sebaliknya, jika terlalu tinggi, maka tidak ada bedanya dengan kamu tidak menyetel batas penggunaan Internet.

Untuk itu, pertimbangkan kembali seberapa sering kamu menggunakan Internet sehingga kamu dapat menyetelnya secara tepat.

Komentar (0)
Tambahkan Komentar