Cara Rekam Suara di Komputer dengan OS Windows 10

Sesekali, kita perlu menyimpan suara kita untuk keperluan tertentu. Sebagai contoh, kamu hendak mengemukakan pendapat di media maya terkait suatu hal. Untuk tujuan tersebut, kamu dapat merekam suaramu dan mengeposnya ke media yang dimaksud.

Bukan hanya itu, fitur merekam suara di Windows 10 juga dapat menjadi sarana melatih kemampuan berbicara. Contoh kasus, dalam waktu dekat kamu ditugaskan menjadi orator di sebuah acara. Nah, untuk mengetahui kelayakan intonasi kamu, kamu dapat berlatih menyuarakannya di program perekam suara.

Tampak menarik, bukan? Untuk itu, lakukanlah tiga langkah simpel di bawah ini.

1. Pertama-tama adalah membuka aplikasi Perekam Ucapan (Sound Recorder). Untuk membukanya, klik menu pencarian di start menu lalu ketikkan “perekam ucapan” (jika Windows kamu berbahasa Inggris, ketik “sound recorder”).

2. Sesaat kemudian, tekan tombol Start Recording untuk memulai perekaman. Saat tengah merekam, perkeras suaramu sehingga audio dapat terdengar dengan jelas. Untuk memastikan jelas-tidaknya suara kamu, perhatikan gelombang suara yang berwarna biru. Semakin membentang lingkarannya menunjukkan semakin keras dan jelas suara kamu.

3. Setelah dirasa cukup, kamu dapat menghentikan aktivitas perekaman. Untuk tujuan tersebut, klik tombol bersimbol kotak berwarna biru.

4. Sesaat kemudian, kamu dapat memainkan rekaman yang berhasil dibuat dengan menekan tombol putar. Jika kamu hendak membuka destinasi hasil rekaman suara, klik kanan hasil rekaman yang kamu inginkan lalu klik buka lokasi file.

Merekam suara di Windows 10 bukanlah perkara sulit. Oleh sebab itu, cobalah kamu mempraktikkan empat langkah merekam suara lewat Windows 10 di atas untuk melatih ketangkasan suara, mengemukakan pendapat, atau tujuan lainnya. Selamat mencoba!

Komentar (0)
Tambahkan Komentar