Macam Macam Teknologi Sederhana Ramah Lingkungan

Macam macam teknologi sederhana dan ramah lingkungan terus berlanjut hingga sekarang. Bahkan, perkembangan teknologi di dunia saat ini sudah banyak ide yang membuat kamu berdecak kagum. Faktanya ada berbagai penemuan hebat setiap tahunnya. Nah berikut ini ada beberapa teknologi sederhana dan ramah lingkungan.

Lampu garam

Lampu garam hanya memanfaatkan dua sendok garam dan segelas air dan bisa memberikan penerangan sepanjang malam. Lampu yang sederhana ini bisa membantu daerah di pelosok yang memang belum mendapatkan akses listrik yang memadai. Jika memang tidak ada garam dapur, maka lampu garam juga bisa menggunakan air laut yang menjadi sumber energi tak pernah habis.

Sedotan penjernih air

Penemuan yang sangat briliant ini sangat membantu dan bisa menyelamatkan jutaan nyawa di berbagai negara dunia ketiga, di mana kebanyakan penyakit terjadi karena sanitasi yang buruk dan air yang kotor untuk diminum. Lifestraw yang dirancang oleh Vestergaard ini memang bisa menyaring air. Bahkan sangat mudah digunakan seperti minum air dari sedotan biasa.

Air tersebut akan dipaksa masuk pada serat sempit sehingga meninggalkan kontaminan dan menghilangkan 99,9% bakteri yang menular melalui air dan parasit. Jadinya beragam penyakit yang disebabkan oleh air minum tercemar, seperti Disentri, Hepatitis E dan Demam Tifoid tidak terjadi.

Keranjang sampah laut

Dua peselancar dari Australia menemukan ide unik untuk menghilangkan sampah di laut, yakni menggunakan Seabin. Macam macam teknologi sederhana ini secara otomatis mengumpulkan sampah, puing – puing serta minyak yang mengambang.

Botol air yang bisa dimakan

Hampir 80% botol bekas tidak bisa didaur ulang dan berakhir di laut. Jadilah ada inovasi baru, yakni botol air yang bisa dimakan sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. Ooho merupakan air mineral yang dikemas dalam gel terbuat dari ganggang yang bisa dimakan. Ooho inilah yang menjadi pengganti botol plastik tak ramah lingkungan.

Pencuci piring bertenaga tangan

Pertumbuhan populasi dan menyempitnya ruang hidup membuat adanya penemuan sederhana yang hemat energi, yakni pencuci piring Circo. Pencuci piring berbentuk meja ringkas, tak menggunakan listirk dan hanya membutuhkan sedikit air untuk mencuci piring kamu. Hanya dengan mengengkol pegangan guna melepaskan pancaran air yang kemudian dipanaskan oleh natrium asetat. Tak butuh waktu lama, piring kamu akan bersih berkilau. The Circo juga berguna sebagai rak pengering sehingga lebih hemat.

Sendok yang bisa dimakan

Selain botol air mineral, sendok pun sekarang ada yang bisa dimakan. Masalah sendok plastik yang terus meningkat setiap tahunnya sudah bisa diatasi oleh perusahaan makanan India Bakeys. Mereka menciptakan peralatan makan yang bisa dikonsumsi. Peralatan tersebut terbuat dari beras, sorgum dan gandum. Bahkan, macam macam teknologi sederhana ini memiliki tiga rasa berbeda, yakni gurih, polos dan manis. Rasanya seperti makan kerupuk saja.

Jangan lupa support kami terus, agar bisa menyedia kan konten yang bermanfaat dengan cara like fanspage kami di facebook, dan share postingan ini ke orang lain atau teman-teman kamu. Sekian, terima kasih !!!

teknologi ramah lingkungan
Komentar (0)
Tambahkan Komentar