Wajib Tahu! Ini Perbedaan Laptop, Notebook, Serta Netbook

Banyak orang yang keliru antara istilah laptop, notebook, dan netbook. Mereka sering terbalik atau tertukar antara tiga istilah perangkat komputer di atas. Srlain itu, beberapa golongan menganggap laptop, notebook, dan netbook sebagai sinonim, yang kegitanya itu merujuk pada suatu perangkat.

Apapun itu, pada umumnya laptop, notebook, netbook tidaklah sama. Apa perbedaannya? Temukan jawabannya di bawah ini!

Nama

Jika dilihat dari aspek bahasa, ketiganya berasal dari bahasa Inggris. Terutama untuk laptop, banyak yang mengira bahwa istilah tersebut berasal dari bahasa Indonesia. Padahal, istilah yang tepat untuk bahasa Indonesia dari laptop adalah komputer jinjing. Hanya saja, karena kata laptop dirasa lebih pendek dan familiar, masyarakat awam lebih tertarik menggunakannya.

Mengutip laman Wikimedia, antara laptop dan notebook sesungguhnya merupakan persamaan kata: sebuah perangkat komputer yang dapat dibawa ke mana-mana (portabel). Akan tetapi, dalam perkembangannya laptop memiliki sejumlah keunggulan dari notebook. Misalnya terkait ukuran layar yang akan dibahas pada poin berikutnya.

Netbook secara etimologi berasal dari campuran kata antara Internet dan notebook. Artinya, perangkat komputer yang satu ini tidak dapat dijalankan kecuali terhubung dengan Internet, karena netbook pada hakikatnya tidak memiliki hard disk. Kemudian, koneksi Internet digunakan sebagai sarana penyimpanan.

Ukuran

Ukuran laptop lebih besar dari notebook maupun netbook, yaitu 18 inci ke atas. Kemudian disusul dengan notebook yang memiliki bobot 13.1–18 inci. Netbook sendiri mempunyai ukuran layar 6–13 inci. Tak heran, netbook digolongkan sebagai perangkat mini.

Spesifikasi dan Komponen

Jika diurutkan, laptop memiliki spesifikasi yang lebih gahar ketimbang notebook dan netbook. Kemudian disusul oleh notebook yang memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada netbook. Spesifikasi ini mencakup berbagai kategori seperti prosesor, memori, kartu grafis, dan lain sebagainya.

Hal lain yang membedakan ketiga perangkat di atas adalah perihal adanya DVD room. Sebuah perangkat komputer portabel tidak dapat dikatakan sebagai laptop sampai ia memiliki DVD room. Lain halnya notebook, notebook ada yang dipasangi DVD room namun ada pula yang tidak. Sedangkan netbook tidak ada.

Laptop dan notebook juga ditopangi hard disk, sehingga memungkinkan penyimpanan berkas secara langsung. Pada umumnya, kapasitas laptop melebihi kapasitas notebook, sehingga laptop dapat menampung lebih banyak berkas dibandingkan notebook.

Lain halnya dengan laptop dan notebook, netbook tidak memiliki hard disk. Sesuai namanya, penyimpanan hanya dapat dilakukan melalui perantara Internet. Tak heran, netbook pada saat itu hanya dapat digunakan untuk internetan dan mengetik saja.

Namun seiring berjalannya waktu, netbook akhirnya juga dipasangi hard disk yang kecil agar dapat lebih populer di negara-negara yang cakupan Internetnya kecil, semisal Indonesia ini.

Penutup

Laptop, notebook, dan netbook adalah perangkat portabel yang dapat dibawa ke mana-mana. Namun, ketiganya memiliki sejumlah perbedaan seperti yang dipaparkan di atas. Oleh sebab itu, pahami perbedaan-perbedaan itu sehingga tidak tertukar antara tiga istilah tersebut.

Komentar (0)
Tambahkan Komentar