Heboh! Berita Teknologi Terbaru Hari Ini Windows 10X OS Untuk Laptop Layar Ganda

BahasTeknologi.com – Berita teknologi terbaru hari ini datang dari Microsoft yang baru saja merilis Windows 10X. Jangan salah, sistem operasi (OS) terbaru ini bukan penerus Windows 10 melainkan khusus untuk perangkat tablet atau laptop layar ganda.

Dikembangkan Berbasis Windows 10

Meski pendekatan teknisnya mengacu pada Windows 10 biasa, Windows 10X merupakan sistem operasi yang berbeda. Navigasi dan fungsionalitas Windows 10X terasa seperti keluarga Windows 10, namun terdapat beberapa kemajuan dari segi teknologi. Teknologi inti sistem operasi ini dioptimalkan agar lebih fleksibel dan bisa mendukung kinerja ponsel.

Microsoft mengklaim Windows 10X mampu memberikan performa masa pakai baterai yang mampu mengendalikan dua layar. Hal ini mengingat Windows 10X dikembangkan dengan harapan bisa mengelola kinerja baterai yang efisien meski aplikasi Windows-nya memiliki ukuran katalog cukup besar. Di samping itu Microsoft tak lantas menghapus jajaran OS lama kemudian mengembangkan OS baru dengan tujuan untuk mempertahankan kompatibilitas kinerja perangkat keras dan pengguna yang bermigrasi dari Windows 10 ke Windows 10X.

Meski perkembangan sains dan teknologi terbaru di bidang komputer desktop dan mobile cukup pesat, Microsoft tetap menggunakan Windows 10 sebagai basis pengembangan sistem operasi lainnya. Misalnya seperti OS untuk konsol game XBOX, OS untuk PC desktop dan kacamata pintar HoloLens. Windows 10X yang masih termasuk keluarga Windows 10 ini dibangun dengan dukungan terbaru untuk menjalankan aplikasi Win32.

Untuk Surface Neo dan Surface Duo

Berita teknologi terbaru hari ini menunjukkan Windows 10X dirancang bukan sebagai peningkatan sistem operasi, melainkan dirancang agar bisa hidup berdampingan dengan PC Windows 10. Rencananya Windows 10X akan tersedia di perangkat lipat dan layar ganda pada musim gugur 2020 mendatang. Sistem operasi tersebut bisa ditemui terpasang di perangkat tablet Microsoft Surface Neo dan smartphone Surface Duo.

Bisa dikatakan Windows 10X merupakan versi Windows Lite untuk perangkat dual-screen dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari versi biasa. Beberapa fungsi dioptimalkan demi mendukung kinerja perangkat dual-screen terbaru termasuk dukungan fungsi Gesture Drag n Drop dan dukungan stylus. Fungsi Start Menu juga lebih minimalis bila dibandingkan dengan seri Windows 10 biasa.

Di samping perangkat Microsoft Surface Neo dan Surface Duo, Microsoft juga menyiapkan Windows 10X untuk perangkat Dell, ASUS, Lenovo dan HP yang memiliki fungsi serupa. Perangkat tersebut juga dikabarkan akan hadir dalam beberapa pilihan ukuran karena sistem operasi ini dirancang bisa beradaptasi dengan resolusi dan dimensi layar yang berbeda. Pengguna Windows 10 tak akan menemukan kesulitan yang berarti ketika menggunakan Windows 10X karena navigasi dan fungsinya cukup familier.

Microsoft juga akan menyediakan update bagi OS Windows 10X layaknya update Windows 10. Di pasaran nantinya Windows 10X atau Windows 10 Lite ini akan berhadapan dengan iPad Pro dan Chromebook. Berita teknologi terbaru hari ini juga menunjukkan Microsoft tampaknya masih akan memberikan informasi mengenai fitur-fitur Windows 10X terbaru mengingat masih banyak perbaikan dan upgrade yang akan dilakukan.

windowswindows 10
Komentar (0)
Tambahkan Komentar