Mengenal Bagian-Bagian Umum (Hardware) Komputer Berikut Fungsinya

Penulis berani bertaruh, kamu memiliki setidaknya satu unit komputer atau PC di rumah kamu. Apakah itu komputer desktop atau laptop, yang jelas hampir dipastikan setiap orang di jagat raya ini memiliki minimal sebuah unit komputer pribadi di rumahnya

Mengapa? Karena hampir semua profesi — baik itu guru, arsitek, dokter, bahkan pelajar sekalipun — tidak terlepas dari penggunaan komputer.

Di samping memiliki komputer, sudah kenalkah kamu akan bagian-bagian komputer (hardware) itu sendiri? Tahukah kamu fungsi-fungsinya? Jika jawabannya belum, kamu datang ke tempat yang tepat.

Di postingan ini kamu akan diajak menjelajahi bagian-bagian komputer beserta fungsinya. Di pembahasan ini, fokus utama kita adalah bagian-bagian pada komputer desktop, bukan laptop.

[irp posts=”567″ name=”Perbedaan Laptop, Notebook, Serta Netbook”]

Kendati sejumlah perangkat juga digunakan dalam laptop, namun bagian-bagian pada laptop akan dibahas di postingan terpisah.

Sekilas Bagian Komputer:

1. Casing

Bagian yang melapisi perangkat-perangkat keras ini disebut casing. Ibarat rumah, casing berfungsi melindungi “penghuninya” — perangkat-perangkat keras seperti motherboard, floppy disk, power supply, dan lain-lain — dari gangguan eksternal seperti benturan, panas, debu, dan air sehingga perangkat bisa tetap berjalan seyogianya.

Casing umumnya berbentuk kotak dengan lebar antara 30–40 cm dan panjang 50–60 cm. Casing sering menjadi alas bagi monitor, meski ada juga casing yang dibuat menyatu dengan monitor.

2. Keyboard

Keyboard adalah papan yang tersusun atas tombol-tombol kecil bertuliskan huruf, angka, dan beberapa simbol yang memanfaatkan USB kabel sebagai konektornya. Keyboard digunakan sebagai sarana mengetik dalam pengoperasian komputer.

3. Mouse

Perangkat yang bisa dilihat di gambar berikut adalah mouse. Dinamai demikian karena kabelnya yang menjulur menyerupai ekor tikus.

Kegunaannya antara lain mengontrol kursor di jendela tampilan, menggulir (scrolling) halaman, dan memperbesar (zoom-in) dan memperkecil (zoom-out) tampilan.

Mouse bekerja dengan mendeteksi gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras. Akan tetapi, mouse modern tidak lagi menggunakan bola, tetapi menggunakan sinar optis yang memungkinkan pendeteksian yang lebih cepat. Bahkan, mouse sudah hadir dengan teknologi nirkabel.

4. CD ROM

CD ROM (compact disk read-only memory) merupakan salah satu memori yang hanya bisa dibaca (read-only); tidak bisa ditulis atau diubah. CD ROM hanya bisa membaca kepingan CD.

Perangkat yang berlubang di tengah permukaannya ini biasa digunakan untuk menyetel kaset film sehingga dapat ditonton di layar monitor. Satuan kecepatan membaca CD ROM adalah mega bita per sekon (MBps).

5. Monitor

Bagian ini disebut monitor. Fungsinya bisa dibilang mirip dengan televisi. Monitor adalah satu di antara perangkat jenis soft-copy devices yang menampilkan gambar hasil visualisasi CPU.

Sebagaimana televisi, monitor hadir dengan berbagai macam ukuran layar. Layar monitor pada umumnya berukuran 17 sampai 20 inci. Teknologi layar monitor sendiri yang paling populer adalah LED dan LCD.

Jenis-jenis monitor saat ini sudah beragam, mulai dari yang berbentuk besar dengan layar cembung, hingga bentuk slim dengan layar datar. Bahkan, kini hadir pula monitor dengan layar sentuh (touchscreen) seperti pada layar ponsel pintar (Smartphone).

6. Power Supply

power supply komputerPower supply adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (alternating current) menjadi DC (direct current).  Dalam konteks perangkat komputer, power supply sangat dibutuhkan karena komputer hanya dapat bekerja melalui tegangan DC.

Tak heran, apabila power supply rusak, maka arus DC menjadi tidak seimbang sehingga akan terjadi kerusakan pada bagian-bagian komputer lainnya.

7. Kipas (Cooler)

Saat dinyalakan beberapa lama, komputer akan mulai memanas. Komputer jika terlalu panas akan menurunkan performa sistem sehingga komputer Anda akan bekerja lebih lambat.

Dalam hal ini, kipas atau cooler berfungsi untuk mendinginkan perangkat-perangkat dalam komputer. Sehingga, komputer bisa bekerja lebih stabil.

 

8. Mainboard

Sering juga disebut motherboard, adalah papan sirkuit yang tersusun atas beberapa komponen utama yang saling terhubung. Komponen-komponen tersebut bekerja sama dalam pengoperasian komputer. Komponen-komponen ini terdiri antara lain:

8.1. CPU

CPU atau central processing unit adalah sebuah perangkat keras yang menjadi pusat pemrosesan data.

CPU Jika dikaitkan dengan struktur tubuh manusia, ibarat otak. Jika otak manusia sebagai pusat kendali tubuh seperti bergerak, mendengar, atau berbicara, demikian pula CPU. CPU-lah yang mengontrol seluruh aktivitas komputer sehingga mampu mengeluarkan objek visual pada layar monitor (yang diterima melalui perangkat lunak), mengeluarkan suara melalui sound system, dan membuat keyboard serta mouse bekerja.

Dengan kata lain, tanpa hadirnya perangkat keras yang satu ini, mustahil sebuah komputer dapat beroperasi.

Satuan umum kecepatan CPU adalah Ghz (gigahertz), yaitu berapa gigabita yang bisa diproses dalam satu detik. Kecepatan CPU di tiap komputer berbeda; semakin tinggi kecepatan tersebut, semakin banyak pula proses yang bisa dikerjakan dalam satu detik.

8.2. Hard Drive

Inilah perangkat yang bertugas menyimpan seluruh pekerjaan kamu di komputer. Hard drive, atau yang biasa disingkat HDD, adalah memori internal dalam komputer yang bersifat permanen.

Artinya, data yang tersimpan di dalam HDD akan bertahan selamanya selama data tidak dihapus pengguna atau perangkat mengalami kerusakan.

Pada jenis komputer yang berbeda, berbeda pula kapasitas penyimpanan HDD. Semakin tinggi kapasitas HDD mengindikasikan semakin banyak data yang bisa ditampung. Kemampuan menampung data HDD biasa ditulis dalam satuan gigabita (GB).

8.3. RAM

RAM (random access memory) atau sering juga disebut memori akses acak, adalah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data-data sementara. Data-data ini bisa diperoleh dari hard disk, perangkat input-output, atau data-data hasil pemrosesan sebuah program. Bukan hanya itu, data-data tersebut juga diambil secara acak.

RAM bekerja sama dengan CPU. Agar tidak bingung, kita ambil contoh sebuah proses yang memerlukan data sebesar 1 GB. Agar proses tersebut dapat berjalan, mesti ada memori yang menyimpan dan menyalurkan data tersebut ke CPU, bukan?

Di sinilah RAM berperan di mana data tersebut disimpan dan dijalankan oleh CPU sehingga dapat menampilkan objek visual seperti pada layar kamu saat ini. Setelah proses berakhir, data sebesar 1 GB tersebut akan dibuang dan RAM melanjutkan ke data berikutnya.

RAM memiliki kapasitas yang sangat bervariasi, mulai dari 2 GB, 4 GB, bahkan 65 GB. Di atas itu biasanya hanya dimiliki superkomputer. Akan tetapi, masih ada sejumlah komputer yang terintegarasi RAM beberapa MB saja, biasanya merupakan sisa-sisa peninggalan komputer zaman dahulu.

Perangkat ini termasuk perangkat bongkar pasang sehingga kamu dapat menggantinya dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun, setiap komputer memiliki batas maksimal kapasitas RAM tersendiri.

8.4. VGA

VGA (video graphics array) atau dalam istilah awam dikenal sebagai kartu grafis, adalah memori yang memproses grafis. Secara sederhana, perangkat bongkar pasang ini memproses perintah yang diterima dari CPU ke dalam bentuk visual seperti yang tampil di layar komputer kamu saat ini.

Ada banyak merek-merek VGA, dua yang paling populer adalah Intel HD Graphics dan NVIDIA GeForce. Untuk penggunaan berat seperti mengedit video atau bermain game, pengguna lebih prefer dengan NVIDIA GeForce karena kompabilitasnya yang tinggi.

8.5. ROM

Pernahkah kamu mencoba fitur hibernate atau sleep yang disediakan Windows? Sementara aliran listrik telah dimatikan, ketika dinyalakan lagi komputer bisa membuka kembali program-program yang dijalankan ketika itu. Hal ini bisa terjadi karena data tersebut tersimpan dalam ROM (read-only memory).

ROM adalah salah satu memori dalam komputer. Seperti namanya, memori ini hanya bisa dilihat; tidak bisa diubah. Berbeda dengan RAM, ROM bersifat permanen dan biasanya data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Maka dari itu, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware.

8.6. Sound Card

Sound card adalah perangkat keras yang berfungsi mengeluarkan suara.

Hal ini bisa terjadi karena sound card memiliki output yang memproses dan menghantarkan data berupa suara.

Ketika output ini dimasukkan, misalnya dengan speaker, maka data yang diterima sound card akan diproses dan dikeluarkan melalui speaker.

9. Komponen-Komponen Eksternal

Selain itu, ada juga komponen-komponen eksternal yang mendukung fungsi komputer itu sendiri.

Karena bersifat eksternal, biasanya kamu tidak akan mendapatkannya saat kamu membeli komputer. Komponen-komponen ini dijual terpisah sehingga kamu harus membelinya.

Berikut lisnya.

9.1. Speaker

Pada dasarnya, komputer telah memiliki speaker bawaan. Namun, suara yang dihasilkan biasanya tidak sejernih speaker tambahan.

Tak heran, banyak orang yang membeli speaker tambahan dari luar pabrik komputer tersebut.

Speaker berfungsi menghasilkan audio dari media-media yang kita putar seperti musik dan video.

Speaker tambahan biasanya diberi efek-efek lain seperti kontrol suara bass atau kontrol noisy (keberisikan).

Merek speaker yang cukup terkenal seperti Harman Kardon, Logitech, Simbadda, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

9.2. Printer

Printer juga termasuk komponen tambahan. Printer berguna untuk mengubah soft copy yang Anda buat di komputer menjadi bentuk hard copy. Hal ini sangat berguna untuk mencetak naskah atau tulisan yang Anda tulis di Microsoft Word.

Jenis-jenis printer sendiri bermacam-macam. Mulai dari 3D printer, laser printer, laser printer, inkjet printer, dan banyak lagi. Namun, yang sering digunakan saat ini untuk kegiatan tulis menulis adalah tipe laser dan inkjet printer.

Inkjet printer populer digunakan dalam rumahan dan kantoran. Printer ini menggunakan tinta yang mudah mengering untuk mencetak tulisan dan menentukan warnanya.

Sementara itu, laser printer biasanya digunakan oleh kantor skala besar. Karena, printer ini bisa menghasilkan banyak cetakan dalam waktu singkat. Prinsip kerjanya mirip dengan inkjet printer, namun dengan teknologi yang lebih mutakhir.

 9.3. Flash Disk & Hard Disk

Bagi pengguna komputer yang gemar menyimpan file-file besar, biasanya suatu saat memori komputer sudah tidak dapat menampung file lagi. Dalam hal ini, biasanya akan digunakan flash disk & hard disk sebagai penyimpan memori tambahan.

Flash disk adalah penyimpan memori tambahan berbentuk pesergi panjang kecil. Memori yang disediakan yang paling sering adalah 4, 6, 8, dan 16 GB. Meski, ada juga flash disk yang mampu menyimpan hingga 126 GB.

Cara menggunakannya sederhana: cukup colokkan bagian USB dalam flash disk tersebut ke output komputer. Kemudian, Anda dapat memindahkan beberapa file di komputer Anda ke dalam flash disk sehingga bisa melegakan memori komputer Anda.

Hard disk prinsip kerjanya sama dengan flash disk. Namun, hard disk mampu menyimpan data yang lebih besar mulai dari ratusan gigabita hingga terabita (1 TB = 1000 GB).

Kesimpulan

Ilmu perangkat keras komputer adalah ilmu yang sangat bermanfaat. Sebagai contoh, ketika komputer tidak bisa mengeluarkan suara, kamu bisa menebak bahwa terjadi kerusakan pada bagian sound card.

Contoh lain, ketika suatu game tidak dapat dijalankan karena grafis yang kurang memadai, kamu bisa membeli VGA baru yang lebih bagus. Untuk itu, pelajarilah bagian-bagian komputer dimulai dari yang umum dahulu. Selamat belajar!

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*