Mau Kuota Internet Android Kamu Lebih Hemat? Ikuti 12 Tips Cermat ini!

Cara menghemat kuota Internet di Android

Ada dua opsi umum untuk mengakses Internet lewat smartphone Android, yaitu memakai data seluler (mobile-data) dan jaringan Wi-Fi. Jika kamu memilih data seluler, kamu perlu mengirit penggunaan Internet.

Mengapa? Karena jika kamu melakukan pemborosan, kuota kamu akan ludes sebelum masa aktif yang berlaku.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan penghematan. Selain mengurangi intensitas pemakaian, ada cara lain menghemat kuota Internet di Android, seperti 12 tips berikut.

1. Kurangi Kualitas Streaming

Percaya atau tidak, menonton video secara online merupakan “cara” terbaik untuk menghabiskan kuota Internet kamu. Oleh sebab itu, ada baiknya aktivitas ini dihentikan dan hanya dilakukan di sela-sela terhubung Wi-Fi saja.

Screenshot_175

Jika saran di atas tidak dapat dipenuhi, maka  jalan keluar lainnya adalah dengan menurunkan kualitas video tersebut. Jika kamu menonton video di YouTube, cara menguranginya adalah dengan memijat ikon gerigi > Kualitas > dan pilih 240p ke bawah.

2. Nyalakan Fitur “Data Saver” di Chrome

Bagi kamu pengguna Google Chrome, kamu dapat menyalakan fitur “data saver” guna menghemat pengeluaran data. Dengan menyalakan fitur ini, ukuran halaman akan 50 persen lebih ringan. Akses halaman yang ringan berbanding lurus dengan efisiensi kuota Internet kamu.

Untuk menyalakan fitur ini cukup mudah, yakni dengan menuju Settings dan centang opsi Data Saver.

3. Tukar Aplikasi Facebook for Android dengan Facebook Lite

Sudah menjadi rahasia umum bahwa medsos yang satu ini cukup ganas dalam memakan daya baterai dan kuota Internet. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut mengirimkan notifikasi pemberitahuan secara berkala. Sekalipun kamu sudah menutupnya, aplikasi ini tetap menghabiskan kuota dengan “bersembunyi” di belakang layar.

Melihat masalah ini, pihak Facebook tidak tinggal diam. Ia pun meluncurkan aplikasi facebookan baru yang lebih ringan, efisien, dan bersahabat dengan pengguna Internet pas-pasan. Aplikasi itu kemudian dinamai Facebook Lite dan sudah dapat diunduh melalui Play Store. Jika kamu ingin lebih hemat kuota, segera tinggalkan Facebook for Android dan beralih ke Facebook Lite.

Selain dengan mengunduh aplikasi Facebook Lite, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk FB-an secara hemat adalah dengan mengunjungi Free Facebook di browser kamu. Free Facebook adalah situs FB yang telah dioptimalisaasi untuk menghemat kuota secara besar-besaran.

4. Simpan Musik dan Video secara Offline

Berulang kali menyetel musik atau video secara online adalah penyebab utama data Internet kamu cepat hangus. Mengapa? Karena media itu akan terus menyedot data Internet seiring kamu menyetelnya.

Misal, kamu menonton sebuah video berukuran 10 MB. Jika kamu mengulanginya selama lima kali, kamu sudah kehilangan kuota sebanyak 50 MB.

Bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan mengunduh video tersebut sehingga dapat ditonton tanpa akses Internet. Di YouTube disajikan fitur menonton video secara offline. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu dapat menonton video sepuasnya tanpa takut kehabisan kuota.  Dengan demikian, kuota kamu hanya termakan sebesar 10 MB.

5. Matikan Fitur Pembaruan Otomatis di Play Store

Pembaruan otomatis (auto-update) merupakan salah satu fitur Google Play Store. Secara standar, Android mengaktifkan fitur tersebut sehingga ketika ada versi terbaru dari game atau aplikasi yang terinstal, sistem bakal memperbaruinya dengan otomatis.

Aktivitas memperbarui aplikasi akan menguras kuota internetmu secara cepat. Terlebih jika aplikasi yang diperbarui memiliki bobot yang besar. Oleh sebab itu, ada baiknya aktivitas ini dilakukan ketika terhubung jaringan Wi-Fi saja.

auto-update
Menonaktifkan auto-update di Play Store

Guna menerapkan aturan itu, buka App Store > Settings > Auto-update apps > centang opsi Auto-update apps over Wi-Fi only.

6. Batasi Penggunaan Data

Cara keenam adalah membatasi penggunaan Internet kamu. Untuk hal ini, BahasTekno sudah pernah ulas di tulisan sebelumnya.

Dengan membatasi pengeluaran data, kamu akan diberi peringatan pertama jika kuota Internet telah terpakai melewati batas sekuel 1, namun akses Internet masih dapat digunakan. Peringatan kedua akan muncul ketika melewati sekuel 2, dan sistem bakal secara otomatis memblokir akses Internet.

Lebih lengkap dan jelasnya, baca postingan tersebut.

7. Nonaktifkan Sinkronisasi yang Tidak Perlu

Tanpa disadari, aplikasi-aplikasi yang mendukung sinkronisasi otomatis bisa jadi dalang kuota Internet kamu yang gampang habis. Oleh karena itu, kamu perlu mematikannya demi efisiensi kuota Internet kamu, mengingat tidak semua aplikasi digunakan dalam keseharian kita.

Silakan tonton video berikut untuk mengetahui cara mematikan sinkronisasi otomatis di Android.

8. Selalu Gunakan Wi-Fi Jika Memungkinkan

Cara ini mungkin terdengar klise, tetapi bisa menjadi cara terampuh untuk mengirit kuota internet di Android kamu. Jaringan Wi-Fi sendiri bukan lagi barang asing karena sudah terbesar di mana-mana. Hampir semua area publik telah tersemati dengan jaringan Wi-Fi terbuka yang bisa digunakan siapa saja secara gratis.

Mulai dari bandara, rumah sakit, sekolah, kafe… rata-rata sudah menyediakan jaringan Wi-Fi gratis untuk para pelanggannya. Jika pemiliknya mengenkripsi jaringan tersebut, jangan ragu untuk meminta kata sandinya kepada si pemilik jaringan. Toh, kita pelanggannya. Masa iya sebagai pelanggan tidak diperbolehkan?

9. Coba Pakai UC Browser

Jika kamu melek dunia internet, kamu pasti pernah dengar UC Browser. Bagi yang belum tahu, UC Browser adalah peramban gratis untuk Android yang dioptimalisasi untuk memberikan pengalaman browsing yang lebih ringan dan cepat.

Sederhananya, browser asal Tiongkok ini menggunakan teknologi cloud acceleration dan data compression untuk mengurangi ukuran halaman sebuah web. Ukuran halaman yang ringan berbanding lurus dengan efisiensi kuota internet kamu.

Sebelum mengunduh, sekadar memberi tahu bahwa browser ini hadir dalam dua versi, yaitu Original dan Mini. Apa bedanya? Bedanya adalah yang orisinal fiturnya lebih komplet dibandingkan versi Mini-nya. Misalnya, Facebook Mode, Fast Download, Cricket Card Feature, dan banyak lagi.

Download UC Browser

Download UC Browser Mini

Browser alternatif lainnya:

10. Instal Antivirus untuk Membersihkan Malware

Selain beberapa hal di atas, virus juga bisa menjadi salah satu penyebab kuota internet kamu yang cepat hangus. Terutama virus berjenis adware yang menampilkan iklan-iklan yang tidak diinginkan pengguna.

Oleh sebab itu, Android kamu perlu dipastikan keamanannya dari virus-virus bandel ini. Untuk tujuan tersebut, kamu perlu menginstal sebuah aplikasi antivirus terpercaya di Android kamu.

Saat ini, sudah banyak antivirus gratisan yang siap memproteksi Android kamu dari malware-malware yang merugikan. Berikut tiga rekomendasinya:

Installah satu di antara antivirus di atas. Setelah menginstal, segera lakukan scanning alias pemeriksaan terhadap berkas-berkas yang berpotensi mengandung virus. Lakukan hal ini secara terjadwal minimal sebulan sekali.

11. Gunakan Google Maps Secara Offline dengan Cara Ini

Sering pakai Google Maps sebagai penunjuk jalan? Jika ya, sekadar memberi tahu bahwa aplikasi ini selain boros baterai, juga boros kuota internet. Hal ini karena Maps mengumpulkan banyak informasi seperti keadaan lalu lintas, pencarian rute tercepat, prediksi waktu, dan lain-lain.

Akan tetapi, jangan khawatir. Kamu tetap bisa kok memakai Google Maps secara hemat. Caranya adalah dengan mengunduh peta-peta jalan yang sering kamu jelajahi. Dengan kata lain, mengunduh peta jalan yang kamu yakin akan sering menggunakannya di lain waktu.

Untuk tujuan tersebut, pertama-tama buka dulu peta jalan yang dimaksud. Sebagai contoh saya, saya ingin mengunduh peta jalan dari rumah menuju sekolah saya.

 

Setelah peta terbuka, pencet TAHAP & LAINNYA. Setelah itu, gulir ke bawah hingga menemukan tombol SIMPAN KE OFFLINE.

Selesai! Dengan demikian, kamu bisa menggunakan peta penunjuk jalan tersebut dalam keadaan offline.

12. Kurang-Kurangin Main Instagram!

Tanpa dijelaskan panjang lebar, kamu mungkin sudah paham betul bahwa Instagram adalah salah satu aplikasi yang boros kuota internet. Bagaimana tidak boros, aplikasi medsos tersebut berisi ribuan foto dan video berkualitas tinggi. Tentu, foto dan video akan jauh menguras kuota internet dibandingkan teks.

Apalagi, dengan munculnya tiga fitur baru di Instagram, yaitu Instagram Stories, Live, dan IGTV. Tambah lagi lah kuota internet kamu dikuras habis-habisan dibuatnya.

Oleh karena itu, kamu mesti mengurangi jam bermain kamu di Instagram. Misalnya, dari yang sebelumnya 3 jam per hari, cobalah untuk mengonsumsi Instagram sebanyak 30 menit saja per hari. Dengan demikian, kamu berhasil menghemat kuota internet kamu sebanyak 6 kali lipat dari sebelumnya!

Penutup

Demikian sajian singkat seputar cara menghemat kuota Internet di Android. Apabila tip-tip di atas tidak berpengaruh terhadap efektivitas kuota kamu, atau kuota kamu masih berkurang dengan tidak wajar, maka itu petanda ponsel yang tidak sehat. Sudah saatnya membawa ponsel kamu ke tukang servis terdekat untuk dinormalisasi kembali.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 92 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*