Begini Cara Youtuber Hasilkan Duit dari Channel-nya

Sebagai penonton YouTube, kamu mungkin sering bertanya-tanya mengenai pekerjaan sebagai YouTuber. Kerjaannya berat, mereka mesti rutin update konten di channel-nya untuk mendatangkan pemirsa yang banyak.

Sebagian di antaranya pun harus mengocek dompet dalam-dalam untuk membeli alat-alat shooting yang bagus seperti kamera, laptop, tripod, dan lain-lain.

Apakah mereka melakukannya dengan percuma? Atau adakah sumber penghasilan mereka dari kegiatan ngeyoutube tersebut?

Jawabannya: bisa dua-duanya.

Pertama, bagi YouTuber pemula yang baru memiliki beberapa ratus subscribers, biasanya belum bisa menghasilkan uang.

Ini karena susah memonetisasi akun YouTube kalau penontonnya masih sedikit. Ditambah lagi, ada kebijakan terbaru YouTube yang mempersulit YouTuber pemula untuk menghasilkan uang (ini akan kita bahas nanti).

Kedua, ya, untuk YouTuber kelas kakap yang sudah memiliki komunitas tersendiri, mendapatkan uang dari YouTube bisa dibilang urusan gampang.

Dengan kata lain, semakin tinggi popularitas suatu channel, makin mudah pula untuk dimonetisasinya. Berikut ini adalah beberapa sumber penghasilan YouTuber yang paling populer.

1. Google AdSense

Ini adalah ladang penghasilan yang paling sering digunakan youtuber.

AdSense adalah jaringan periklanan terbesar milik perusahaan raksasa Google. Pendeknya, kita bisa menghasilkan uang dari AdSense dengan cara menayangkan iklan. Iklan ini sendiri berasal dari advertisers (perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan AdSense).

Ketika kamu menayangkan iklan-iklan advertisers, kamu akan diberi komisi oleh Google AdSense. Komisi ini tidak stabil alias bisa berubah-ubah. Biasanya, publishers (penayang iklan) akan mendapat 55 persen dari iklan yang ditayangkan tersebut. Uang akan cair kalau penonton mengklik iklan tersebut.

Sebagai contoh, jika advertiser menghargai per klik iklannya Rp1.000, maka publisher akan mendapatkan Rp550. Katakanlah dalam sehari ada 100 orang yang mengklik, maka dalam sehari bisa Rp55.000.

Penulis yakin kamu pasti pernah melihat dialog iklan Skip Ad sewaktu menonton video YouTube tertentu. Sebetulnya, itu adalah salah satu slot iklan yang disediakan AdSense di YouTube. Ketika kamu menonton iklan tersebut, sadar tidak sadar kamu sedang mengalirkan uang ke dompet YouTuber tersebut.

Selain Skip Ad, format iklan lain yang disediakan AdSense adalah pop-up, display ads, dan true view in-display ads.

2. Endorse

Selain memasang iklan, beberapa youtuber juga menghasilkan uang lewat endorsement alias mempromosikan produk atau jasa orang lain di videonya.

Biasanya, youtuber mempromosikan produk atau jasa tersebut melalui cerita. Misalnya, pengalaman menggunakan produk tersebut, atau membuat video lelucon.

Atau seperti PewDiePie, pada setiap deskripsi video yang dia buat, selalu mencantumkan merek-merek peralatan yang digunakannya saat shooting.

Tentu, tidak sembarang channel bisa mendapatkan penawaran endorsement ini. Biasanya, perusahaan-perusahaan hanya mau meng-endorse channel-channel yang sudah memiliki komunitas besar.

3. Jualan Sendiri

Cara youtuber menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan mempromosikan merek yang dia jual sendiri. Hal ini bisa dilakukan karena memang pemasaran melalui YouTube sangatlah efektif.

Contoh youtuber yang melakukan hal tersebut adalah Hydraulic Press VS.

Dalam contoh video di atas, mereka menunjukkan bagaimana produk Hydraulic Press-nya mampu menghancurkan berlian murni dengan sekali tebas.

Secara tidak langsung, mereka telah mempromosikan produk mereka dengan baik. Videonya telah ditonton sebanyak 30 juta kali. Banyak orang terkesima dengan produk yang mereka buat.

4. Interview

Cara lain youtuber mendapatkan uang adalah interview. Media-media di televisi sering mengundang youtuber tertentu untuk acara interview mereka.

Misalnya, Sapa Indonesia dari Kompas TV pernah mengundang Skinnyfabs setelah videonya yang berjudul Suara di balik soal ujian listening menjadi viral di YouTube.

Banyak banget youtuber-youtuber Indonesia yng pernah dijadikan narasumber di media-media lokal. Misalnya, Tara Arts!, Reza Arap, Jess No Limit, Agung Hapsah, dan lain-lain.

5. Berkolaburasi

Selanjutnya, youtuber juga menghasilkan uang dengan cara kolaburasi atau sering disebut colabs.

Banyak sekali youtuber yang mengundang youtuber terkenal untuk berkolaburasi sama mereka. Tentu, untuk mengajak kolaburasi youtuber terkenal dikenakan biaya yang tidak sedikit.

Tujuan mengundang youtuber terkenal tersebut adalah menarik orang menonton videonya. Tentu saja orang akan semakin tertarik menonton video jika ada artis favoritnya di video tersebut.

Itulah cara-cara youtuber menghasilkan uang dari channel-nya. Bagaimana? Ingin mengikuti jejak mereka?

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang Ihsan Nurul Iman 83 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

2 Komentar

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*