Cara Agar Google Hanya Tampilkan Hasil Penelusuran Berbahasa Indonesia

Google merupakan mesin pencari terpopuler saat ini. Hal ini terlihat dengan jumlah kunjungannya yang capai miliaran per harinya. Bahkan dalam satu detik saja, diperkirakan ada lebih dari 50 ribu orang yang melakukan penelusuran. Luar biasa, bukan?

Satu di antara yang membuat mesin pencari ini begitu populer adalah relevansinya yang tidak ada duanya. Google mempunyai algoritme yang mana memberikan kamu hasil pencarian terbaik. Algoritme ini memungkinkan kamu mendapatkan halaman web sesuai yang kamu butuhkan.

Kendati demikian, algoritme ini belum sempurna. Salah satunya adalah persoalan bahasa. Sekalipun IP perangkat terdeteksi di wilayah Indonesia, ternyata hasil penelusuran bisa datang dari negara manapun. Lebih-lebih jika kueri tersebut tergolong universal.

Sebagai contoh, jika kamu menelusuri kata kunci review xbox one s, kamu akan mendapati hasil penelusuran yang didominasi oleh halaman web luar yang bereputasi tinggi. Artikel-artikel bahasa Indonesia seputar kata kunci ini baru tampil di halaman empat atau lima.

Meskipun ditelusuri lewat Google.co.id, hasil pencarian tetap didominasi halaman web luar.

Tentunya ini menjadi permasalahan baru bagi sebagian orang. Sebabnya, tak semua orang mahir dalam membaca artikel berbahasa Inggris.

Nah, bagaimana agar kata kunci tersebut hanya menampilkan hasil penelusuran dalam bahasa Indonesia? Kabar baiknya, Google telah menyediakan sebuah fitur guna menjawab persoalan tersebut. Fitur ini dapat kamu manfaatkan untuk menyesuaikan hasil penelusuran Google sesuai keinginan kamu.

Fitur yang dimaksud bernama Alat. Salah satu subfitur dalam fitur tersebut adalah memilih negara mana saja yang boleh tampil dalam hasil penelusuran. Untuk tujuan tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah mengklik Alat > Negara mana saja > pilih Negara: Indonesia. Dengan demikian, Google akan memuat ulang halaman guna menampilkan hasil penelusuran dalam bahasa Indonesia saja.

 

Mudah, bukan?

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 92 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*