Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer tanpa Software

Saat kamu membeli sebuah laptop atau komputer personal, sektor apa yang pertama kali harus dicek? Selain desain dan ketangguhan dari sisi eksternal, kamu juga harus mengecek spesifikasi komputer tersebut, bukan? Karena dengan mengeceknya, kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan komputer yang kamu beli.

Atau ketika kamu hendak memainkan suatu game. Kamu perlu memastikan apakah spesifikasi minimum game tersebut dapat dipenuhi komputermu atau tidak. Jika kamu paksa instal game yang tidak disanggupi komputer, game tak akan dapat dijalankan. Atau paling tidak, kinerja komputermu akan kian melemah.

Bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan membandingkan spesifikasi komputer kamu dengan spesifikasi minimum game tersebut. Untuk mengecek spesifikasi komputer kamu, ikutilah langkah-langkah berikut.

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer di Windows 7, 8, & 10

1. Pastikan kamu telah menyalakan komputer dan masuk ke desktop.
2. Bukalah DirectX Diagnostic Tool dengan memencet tombol Windows + R > ketik “dxdiag.exe” pada formulir yang disajikan > pilih OK. 

cara cek spesifikasi komputer 1
Masuk ke dxdiag > OK

3. Jendela informasi terkait spesifikasi komputermu akan muncul seperti yang ditayangkan gambar berikut.

cara mengetahui spesifikasi komputer 2
Detail spesifikasi komputer.

Keterangan:

  • Tab System berfungsi memberikan informasi-informasi terkait sistem internal komputer kamu yang bersifat umum.
  • Display berfungsi membeberkan spesifikasi mengenai kartu grafis (video graphic array) kamu. Biasanya digunakan untuk membandingkan dengan spesifikasi grafik sebuah game.
  • Sound berfungsi menampilkan informasi kartu suara (sound card) dan driver yang digunakan pada komputer kamu.
  • Sedangkan pada tab Input ditampilkan hal-hal yang berhubungan dengan perangkat masukan (input). Contoh perangkat seperti ini adalah mouse, keyboard, USB, dan sejenisnya.

Mengecek spesifikasi komputer bukanlah perkara sulit. Untuk itu, lakukanlah tiga langkah sederhana di atas tiap kali hendak mengetahui spesifikasi komputer kamu untuk tujuan tertentu.

Selamat mencoba!

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*