Unik, Semua Nama Kode Android Diambil dari Makanan Penutup

Jika kamu perhatikan, kode nama sistem operasi (OS) Android selalu memakai makanan penutup dan telah menjadi ciri khasnya. Mengapa?

Nama-nama OS Android sejak pertama dirilis, dimulai dengan Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), Honeycomb (Android 3.0), Ice Cream Sandwich (Android 4.0), Jelly Bean (Android 4.1), KitKat (Android 4.4), Lollipop (Android 5.0), Marsmallow (Android 6.0), dan yang baru saja dirilis, Nougat (Android 7.0).

Apa alasan Google menggunakan nama makanan penutup (dessert) sebagai kode sistem operasinya? Raksasa Internet ini menolak menjelaskan secara detail.

Juru bicara Google, Randall Sarafa, menyatakan bahwa pemberian nama-nama itu merupakan hasil keputusan internal dan Google memilih tampil sedikit ajaib dalam hal ini. “Ketika platform Android baru dirilis, mereka akan menyandang nama-nama makanan penutup. Sebagian besar sesuai dengan urutan alfabet,” ujarnya.

Tidak berhenti di situ, keunikan lain OS Android selain menggunakan nama hidangan penutup, nama-nama itu memiliki huruf awal berurutan sesuai abjad, yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, sampai dengan Nougat.

Biasanya Google akan membuat patung yang menjadi ikon tiap OS baru. Namun seperti dikutip CNN, konsumen hanya tahu perilisan OS Android dimulai dari huruf C, yakni Cupcake.

“Untuk dua produk sebelumnya yang berawalan A dan B, saya tak terlalu mengenalnya,” katanya sembari menjelaskan OS itu dirilis empat tahun lalu. Seperti perusahaan lain, Google tentu bertujuan membuat ciri khas produknya agar menarik dan mudah diingat.

Contoh lain, pesaing Apple memilih nama jenis kucing besar untuk OS yang dirilisnya. Sebut saja Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard, dan Snow Leopard.

Hingga artikel ini ditulis, versi terbaru yang dimiliki Android adalah Nougat. Jika Android tetap mengikuti kaidah abjadiah dan melanjutkan konsistensinya, maka nama yang akan muncul di seri Android berikutnya adalah nama makanan penutup yang diawali huruf O. Dapatkah kamu menebaknya?

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*