Perbedaan Dedicated dan Shared Memory VGA

Saat sedang mengecek spesifikasi kartu grafis kamu, kamu akan menemukan dedicated video memory dan shared system memory. Kamu yang masih pemula mungkin asing akan dua istilah tersebut dan bingung manakah dari dua itu yang dipakai komputer kamu.

Agar tidak asing dan bingung lagi, di bawah ini pengertian, perbedaan, dan cara mengecek apakah komputer kamu menggunakan shared memory atau dedicated memory.

1. Dedicated Memory

Dedicated memory adalah sebuah perangkat memori yang bersifat satu partisi. Artinya, perangkat ini merupakan komponen independen yang bekerja mandiri, tanpa berbaur dengan komponen komputer lain.

Sama halnya dengan RAM di komputer, semakin besar angka indikator memori, maka menunjukkan semakin berkelas kualitas grafis di komputer kamu.

2. Shared Memory

Shared memory (disebut juga integrated memory) berbeda dengan dedicated memory. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun shared memory merupakan bagian dari RAM.

Ibaratnya, shared memory adalah “potongan” dari RAM komputer yang dialokasikan ke grafis. Tentunya, jika komputer kamu menggunakan shared memory, RAM komputer akan berkurang karena harus dibagi dengan memori grafis.

Ingin contoh integrasi dari kedua memori di atas? Baiklah….

Perhatikan contoh spesifikasi komputer berikut.

Komputer 1

SpesifikasiKeterangan
CPU:Intel Core i3
RAM:4 GB
VRAM:1 GB (shared)

Komputer 2

SpesifikasiKeterangan
CPU:Intel Core i7
RAM:8 GB
VRAM:2 GB

Dari tabel di atas, dapat kita simpulkan bahwa komputer pertama menggunakan video memori berbasis shared. Artinya, sebagian RAM dalam komputer tersebut “dioper” ke video memori.

Dalam kasus tersebut, ada 1 GB video memori dan 4 GB RAM. Maka ketika perangkat GPU bekerja otomatis mengurangi RAM komputer sebanyak 1 GB.

Sedangkan komputer kedua menggunakan video memori jenis dedicated. Artinya, GPU  tersebut memiliki memori sendiri, tanpa terpaut dengan RAM komputer.

Praktis ada dua modul dalam komputer tersebut.  Modul pertama sebagai RAM (memori sistem) sedangkan modul kedua sebagai VGA (memori video).

Bagusan Mana?

Dari ulasan di atas, kamu mungkin sudah paham mana yang terbaik buat kelancaran komputer kamu. Tentu saja yang terbaik adalah komputer tipe kedua. Mengapa?

Karena masing-masing memori berjalan secara personal. Tidak seperti shared memory yang antara RAM dan GPU bergabung menjadi satu kesatuan. Hal ini kurang baik karena dapat menimbulkan kesibukan yang berlebihan, perangkat lebih cepat panas, dan masalah lainnya.

Mana yang Digunakan Komputer Saya?

Untuk mengecek apakah komputer kamu menggunakan shared atau dedicated memory adalah dengan membuka adapter information.

Untuk mengaksesnya, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah klik kanan pada mouse di desktop > pilih Display Settings > Gulir ke bawah dan klik tautan Advanced Display Settings > pilih Display adapter properties.

Di sana ada keterangan terkait shared dan dedicated video memory di komputer kamu. Jika kamu mendapati adanya nilai pada dedicated memory, maka komputer kamu tetmasuk tipe dua, yaitu komputer berbasis dedicated video memory.

Sebaliknya, jika kamu mendapati angka nol pada bagian tersebut, maka komputer kamu termasuk tipe satu.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

50 Komentar

  1. gan coba cek lagi tulisannya, di paragraf “bagusan mana?”, disitu ditulisnya komputer ke-1, sedangkan sepengetauan saya kalau dedicated itu lebih bagus, soalnya dia punya RAM sendiri di VGAnya.

    Thanks

  2. Maaf mas,qita juga masih awam,,
    Kalau maksud 2gb dari amd radeon R5 M320 2gb itu gmna mas?apakah jumlah max shared yang bisa diambil dari ram atau gmana?

    • Ahmad,

      Saya tidak menggunakan AMD Radeon R5 seperti yang disebutkan sehingga saya tidak tahu jenis VGA-nya. Untuk mendapat jawabannya, silakan kirimkan screenshot ke halaman kontak kami terkait spesifikasi VGA-nya, ya…

  3. 2gb maksudnya cache sharenya dipake 2 gb.. Makanya rata2 ram laptop sekarang 4GB karena 2GB dipake buat vga integrate(shared)..

    Vga shared gak bisa dikurangin pemakaian ramnya karena udah 1 komponen..

    Vga shared gak bisa diubah ke dedicated tapi laptop bisa make vga eksternal kalo mau (fungsi laptop jadi kaya cpu)

  4. Mas, kenapa ya di laptop saya di cek RAM yang ada itu 8193MB. Tapi kok VRAM nya cuma 505MB.
    Itu normal apa engga ya?
    Soalnya dilaptop lain ada yg RAM 4GB tapi VRAM 1GBan.

    Tolong penjelasannya..

    • Hairun,

      perlu diketahui, jumlah VRAM (utk dedicated) tidak ada hubungannya dengan RAM. Jika RAM suatu komputer lebih besar, bukan berarti VRAM-nya harus lebih besar juga. Jadi, ya, itu sangat normal.

  5. Penjelasan tentang Shared Memory dan Dedicated Memory sangat padat dan jelas serta mudah untuk saya pahami, dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya.
    Terimakasih.

    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

  6. setelah saya baca baca keterangan nya saya mau tanya nih dedicate video memory hanya terbaca 128 mb apakah support untuk main game ? dan jika menambah ram yang semula hanya 4 gb apakah dedicate video memory bertambah?

    • 1. ya, 128 mb bisa untuk main game tergantung grafis yg diperlukan game tersebut. Kalau si game mintanya lebih dari 128 mb, maka enggak bisa dijalankan kecuali kalau grafisnya diset jadi low. Contoh game-game maksimum yang bisa dijalankan untuk memori 128 mb adalah PES 2013, NFS Underground, dan GTA: Vice City. Lebih lengkapnya cek sini.

      2. Penambahan RAM tidak akan berpengaruh terhadap VGA dedicated. Seperti yang saya sebutkan, VGA dedicated dan RAM bekerja independen. Sehingga perubahan pada salah satunya tidak akan berefek pada perubahan yang lainnya juga.

  7. Laptop saya GPU nya AMD Radeon 530 dan DDR3 dedicated,untuk Radeon 530 ini 512mb dan DDR3 2GB, tapi yang kepake di laptop saya yang Radeon 530 bukan yang DDR3. Bagaimana caranya saya bisa menggunakan GPU yang DDR3 di laptop saya?

  8. Laptop saya acer E5 553g menggunakan, processor quad-core amd, VGA Amd radeon R8 dedicated 2 vram, ram 8gb, tapi kenapa masih sering crash ya main dota 2, csgo, setting sudah medium-low. Berkali2 install ulang tetep masih begitu juga. Apa ada yg salah dari amd nya?

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*