NISN Tidak Terdaftar, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Ujian-ujian nasional telah berakhir, kini waktunya kamu mengurus persiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Rapor, ijazah, dan suket-suket sudah dipersiapkan dari awal.

Sayangnya, ketika tahu bahwa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) juga diperlukan untuk kebutuhan registrasi, kamu panik. Soalnya, kartu yang mencantumkan deretan nomor tersebut telah hilang lama. Dan waktu dicek secara online di webnya Kemdikbud, NISN kamu tidak ditemukan alias tidak terdaftar.

Merasa mengalami hal di atas? Tenang. Hal ini memang merupakan kasus yang tidak asing lagi di musim-musim akhir semester. Di postingan ini, saya akan mencoba memberi beberapa solusi untuk permasalahan tersebut.

Mengapa NISN Tidak Terdaftar?

Alasannya bisa bermacam-macam. Berikut saya jabarkan beberapa poinnya dari hasil curah pikiran saya dan referensi-refensi lainnya.

  • Proses pemasukan data masih berlangsung
  • Data siswa belum diajukan oleh sekolah yang bersangkutan
  • Kesalahan input data sehingga menyebabkan ketidakcocokkan antara data di web dengan data asli

Langkah yang Mesti Dilakukan Jika NISN Belum Terdaftar

1. Konsultasikan ke Sekolah

Langkah pertama banget adalah coba kamu laporkan dulu masalah ini ke sekolah kamu. Siapa tahu, memang sekolahnya saja yang belum menginput data profil kamu ke pemerintah pusat. Jika benar begitu, berarti tinggal tunggu saja hingga pihak sekolah menyerahkan datanya ke pemerintah pusat. Setelah itu, kamu baru bisa cek lagi NISN kamu di webnya Kemdikbud.

Akan tetapi, jika sekolah angkat tangan dalam urusan ini karena merasa datanya sudah diserahkan, maka coba langkah yang kedua.

2. Konsultasikan ke Sekolah Dasar

Ingat! Karena NISN ini berlaku dari SD hingga SMA dan nomornya tidak diganti alias itu-itu saja, maka ada kemungkinan juga bahwa pihak SD masih memegang NISN kamu. Coba kamu kirim pesan dan menanyakan bagian admistrasinya. Siapa tahu, beliau masih pegang NISN kamu.

3. Hubungi Call Center Kemdikbud

Langkah terakhir, jika kedua langkah sebelumnya nihil, maka coba kamu kontak langsung call center Kemdikbud. Karena masalah ini sering banget terjadi, maka pihak Kemdikbud pun sudah meluncurkan tim bantuan khusus untuk mengatasi masalah ini.

Coba hubungi nomor-nomor berikut:

  • (021) 57905777
  • (021) 57904804
  • (021) 5703303

Ngomongnya bagaimana? Bilang saja, “Sore, Bu. Saya [nama lengkap] dari sekolah [nama sekolah]. Saya sedang kesulitan mencari NISN saya karena tidak ditemukan ketika dicek secara online di situs resmi Kemdikbud.” Sudah, mulai dengan itu saja. Nanti pasti dipandu langsung oleh Si Ibu-nya.

Oke, itu saja yang bisa saya jabarkan mengenai solusi-solusi mengatasi NISN yang tidak ditemukan. Semoga bermanfaat dan sukses mendapatkan NISN kamu kembali. Apabila ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*