Trik Lihat Siapa Saja yang Baca Chat Kita di Grup LINE

cara melihat siapa yang baca chat kita di Line grup

LINE adalah salah satu aplikasi pengirim pesan instan (instant communication) terpopuler yang tersedia di berbagai platform seperti ponsel, tablet, dan komputer.

Aplikasi yang dikembangkan NHN Corporation ini memiliki sejumlah fitur menarik yang tidak dimiliki messenger lain seperti games, stickers, call, dan lain-lain.

Meskipun dibaluti berbagai kelebihan, LINE juga memiliki sejumlah kekurangan.

Satu di antara kekurangan LINE dan messenger lain pada umumnya adalah tidak bisa melihat sesiapa yang membaca kiriman kita di grup. Sebaliknya, yang tampil hanyalah jumlah anggota yang membaca kiriman kita.

Sementara itu, kadang ada juga pengguna yang penasaran siapa saja sih yang sukanya menjadi “pembaca gelap”?

Nah, jika kamu satu di antara mereka, kabar baiknya adalah kamu bisa melihat siapa saja yang membaca kiriman di grup.

Juli 2015, Line Corporation meluncurkan sebuah perangkat lunak baru, LINE Lite. Aplikasi chatting ini ditujukan kepada pengguna Internet pas-pasan.

Selain itu, ukurannya yang ringan–kurang dari 1 MB–membuat Line Lite mampu dikondisikan di Smartphone low-end sekalipun.

Tidak berhenti di situ, ada satu kelebihan “tersembunyi” dari aplikasi yang satu ini, yaitu dapat melihat siapa saja yang read atau membaca kiriman kita di grup.

Caranya adalah dengan mengklik tautan kecil bertuliskan “R: [jumlah viewers]”. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Line Lite fitur melihat read chat grup
Wah, ketahuan nih sider-sider grup :v

Kabar baik selanjutnya, Line Lite sudah hadir di wilayah Indonesia dan dapat diunduh di Google Play Store atau lewat mengakses tautan ini.

Mohon diingat, ketika kamu mendaftar di Line Lite, maka otomatis histori obrolan (chat history) di perangkat kamu bakal terhapus semua.

Solusinya adalah dengan menginstal Line versi PC, lalu sinkronisasikan dengan akun Line kamu sehingga histori tersimpan di perangkat komputer.

Jika tidak ingin repot, registrasi saja akun baru di Line Lite dan bergabung dengan grup yang dimaksud.

Karena ukurannya yang sangat terbatas, banyak fitur esensial yang tidak bisa kamu jumpai di Line Lite seperti Store, timeline, video call, dan masih banyak lagi. Pendek kata, Line Lite dikhususkan sebagai sarana chatting saja.

Tentang IhsanSFD 92 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*