Layar Monitor Tiba-Tiba Terbalik? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya!

Layar monitor miring dikerjain teman (sumber: Reddit)

Pernahkah layar monitor pada komputer desktop atau laptop (selanjutnya keduanya disebut komputer) kamu terbalik secara tiba-tiba? Jika ya, kamu tidak sendiri. Penulis pun pernah mengalaminya. Yang cukup merepotkan, ketika komputer di-restart layar tetap menunjukkan hal yang sama. Bagi orang yang tidak sabaran bisa-bisa langsung naik darah seperti penulis waktu itu.

Penyebab Layar Komputer Terbalik Secara Tiba-Tiba

Sebelum artikel ini menjabarkan solusinya, kamu mungkin penasaran mengapa sih hal seperti ini bisa terjadi? Jawabannya bisa bermacam-macam. Yang jelas, hal ini tidak terjadi dengan sendirinya. Di bawah ini beberapa penyebabnya yang diurutkan berdasarkan kemungkinan terbesar.

  • ada teman yang iseng dengan melakukan hal tersebut
  • secara tidak sengaja, kamu menekan kombinasi tombol untuk membalikkan layar
  • adanya virus
  • kontak fisik dengan layar monitor

Seperti yang kamu lihat, penyebab yang paling mungkin dan sering terjadi adalah teman-teman yang iseng atau ketidaksengajaan kamu sendiri. Jika benar ini penyebabnya, mengembalikan layar komputer ke kondisi semula akan sangat mudah.

Di bawah ini tiga cara mengembalikan layar komputer yang miring atau terbalik sesuai penyebabnya masing-masing.

Metode Pertama: Kombinasi Tombol

Cara pertama yang kamu lakukan adalah menekan tombol kombinasi untuk mengembalikkan layar komputer kamu. Cara ini merupakan cara tercepat untuk mengembalikan layar ke kondisi semula. Namun jika kamu pengguna laptop, kombinasi ini tidak bekerja untuk semua jenis laptop.

Daripada memikirkan bisa tidaknya, kita coba saja. Berikut kombinasi-kombinasi tombol yang perlu kamu tekan beserta fungsinya.

  • Ctrl + Alt + → (membuat layar berputar 90 derajat ke arah kanan)
  • Ctrl + Alt + ← (membuat layar berputar 270 derajat ke arah kiri)
  • Ctrl + Alt + ↓ (membuat layar berputar 180 derajat ke arah bawah)
  • Ctrl + Alt + ↑ (membuat layar berputar 360 derajat ke arah atas)

Jika terlihat perubahan setelah kamu mengombinasikan tombol-tombol di atas, silakan diotak-atik hingga menemukan posisi semula. Jika yang terjadi sebaliknya, silakan menuju metode kedua.

Metode Kedua: Pengaturan di Control Panel

Cara kedua adalah mengakses menu pengaturan. Meskipun menjadi lebih lama dikarenakan kursor yang susah digerakkan selama layar terbalik, tetapi cara ini kompatibel untuk segala perangkat Windows.

Jika kamu pengguna Windows 10, di bawah ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

1. Pada desktop, klik kanan dan pilih Display settings.

2. Pada judul Orientation, pilih Landscape dan klik Apply.

Jika kamu pengguna Windows 7, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan gambar di bawah ini.

Metode Ketiga: Reset PC

Metode pertama dan kedua belum kunjung memperbaiki masalah kamu? Jika benar demikian, besar kemungkinan masalah ini didalangi virus sehingga kita perlu menghilangkan virus tersebut. Salah satu caranya adalah mengembalikan komputer ke kondisi saat virus itu belum hinggap.

Perlu dicatat, data-data di komputer akan kembali pada waktu sebelumnya sesuai pilihan reset. Untuk informasi selengkapnya dan tutorial me-ret PC, silakan kunjungi halaman ini.

Jika bukan karena kecerobohan sendiri, layar monitor yang terbalik biasanya karena ulah teman yang iseng. Oleh karena itu, cobalah cara-cara di atas untuk mengembalikan layar ke kondisi normal. Setelahnya jangan coba-coba jahilin teman kamu yang lain sebagai balas dendam, ya!

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

1 Komentar

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*