10 Cara Merawat Laptop Sederhana untuk Pengguna Sibuk

Sering alami masalah pada laptop kamu? Bolak-balik ke tukang service karena laptop rusak? Berkali-kali membeli laptop gara-gara “umurnya” habis?

Jika jawabannya ya untuk satu pertanyaan di atas, barangkali kamu belum merawat laptop dengan benar.

Sama seperti manusia, laptop juga memiliki umur. Berita buruknya, umur laptop jauh lebih pendek daripada umur manusia. Apalagi jika laptop tidak diurus dengan baik, maka dapat dipastikan 1–2 tahun lagi laptop kamu sudah berada di gudang atau tempat pembuangan sampah.

Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Oleh sebab itu, rawatlah laptop dengan benar. Jangan khawatir, cara merawat laptop yang benar itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Cara merawat laptop ini terdiri dari perawatan secara hardware dan software. Mari kita mulai dari hardware terlebih dahulu.

 

A. Hardware

 

1. Masukkan Laptop ke Tas saat Bepergian

Kamu tipe orang yang senang bepergian? Maka membawa laptop adalah ide yang bagus. Namun, jangan membawa laptop tanpa dimasukkan ke dalam tas atau ransel. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan seperti laptop terbanting atau terlempar.

Tidak semua tas memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk mempertahankan kemulusan laptop. Tipsnya, pilih tas yang memang dirancang untuk melindungi laptop. Tas seperti ini mudah ditemukan di gerai resmi atau toko aksesori komputer.

2. Jaga Kebersihan Laptop

Selalu jaga kesehatan laptopmu dengan rutin membersihkannya. Debu-debu yang menempel bisa jadi “dalang” kinerja laptop melemah. Hal terburuknya adalah umur laptop Anda yang pendek.

Apa saja bagian yang perlu dijaga kebersihannya? Bagian eksternal seperti keyboard, layar LCD, dan perangkat input. Pembersih apa yang efektif? Cukup lapkan dengan air saja. Rutinkan pembersihan minimal sebulan sekali.

3. Lindungi Layar dan Bodi Laptop

Langkah ketiga adalah melindungi layar dan bodi laptop kamu. Untuk diketahui, dua komponen tersebut adalah bagian yang paling krusial yang menentukan lama tidaknya umur laptop kamu. Melindungi dua komponen tersebut adalah langkah yang tepat agar laptop taham lama.

Secara sederhana, yang perlu kamu lakukan adalah menghindari:

  1. mendorong atau menggores layar.
  2. menutup laptop dengan cara membantingnya
  3. menutup laptop ketika ada pensil atau benda lain di atas keyboard.
  4. memutar layar pada engselnya karena dapat membuat layar retak.

 

4. Hindari Mengguyur Laptop dengan Air

cara-merawat-laptop-hindari-air

Mengelap laptop dengan air adalah perbuatan yang tidak dilarang bahkan dianjurkan, asalkan hal tersebut dilakukan di bagian luar saja. Jangan sekali-kali mengguyur atau bahkan mencuci laptop menggunakan air karena akan terjadi konsleting listrik yang mengakibatkan perangkat berhenti bekerja.

Bagian dalam yang dimaksud antara lain baterai, USB inputmotherboard, prosesor, kipas, dan sekitarnya.

 

5. Colokkan Kabel Listrik Bawaan

Mencolokkan kabel listrik (charger) nonresmi berpotensi mengakibatkan umur pendek si laptop. Mengapa? Karena boleh jadi terdapat ketidakcocokkan antara laptop dengan charger, misalnya soal perbedaan tegangan.

Maka dari itu, gunakan kabel listrik bawaan saja. Apabila punya kamu hilang, kamu dapat membelinya kembali ke gerai aslinya sesuai merek laptop kamu.

6. Perhatikan Alas Laptop

Saat sedang mengerjakan sesuatu di  depan laptop, jangan lupa perhatikan permukaan laptop kamu. Pastikan kamu tidak mendudukkan laptop di atas alas yang empuk atau lebat. Kasur, karpet, bangku ruang tamu, misalnya. Mengapa? Karena bahan seperti itu akan menyerap panas, bukan membuang panas. Lama-kelamaan, laptop bisa overheat yang sebabkan perangkat menjadi hang alias mogok bekerja.

 

B. Software

 

1. Lakukan Disk Defragrament Dua Bulan Sekali

Disk defragment adalah proses penataan ulang berkas-berkas yang telah diperbarui atau diinstal. Disk defragment diperlukan untuk merapikan kembali struktur berkas yang tidak beraturan. Ibarat lemari buku, kamu perlu mengembalikan buku ke susunan semula usai membacanya.

Sama seperti kasus di atas, komputer tidak dapat menyusun kembali berkas yang telah diacak-acak secara otomatis. Mau tidak mau, kamu perlu melakukannya secara manual. Baca postingan Cara Defrag Hardisk Komputer untuk mengetahui caranya.palucomputer.com/2015/06/cara-defrag-windows-7-untuk-hard-disk-komputer.html

2. Setel Pembaruan Otomatis di Windows

Tak peduli versi Windows apa yang kamu pakai, kamu perlu meng-update sistem operasi secara berkala. Alasannya antara lain melindungi perangkat dari malware (malicious software), memperbaiki bug dan isu, dan mengakses fitur baru. Alasan pertama berpengaruh terhadap ketahanlamaan laptop kamu.

Jika kamu pengguna Windows 7 ke atas, pembaruan otomatis sudah disetel dari awal. Jika tidak, baca panduan menyalakan Windows Update.

3. Bersihkan Virus

Langkah selanjutnya adalah membereskan virus di komputer kamu. Seperti yang mungkin kamu ketahui, virus merupakan musuh terbesar perangkat komputer. Faktanya, banyak komputer rusak atau dibawa ke tukang service lantaran terserang virus.

Kamu mungkin juga sering jengkel dengan kehadiran virus yang sering menganggu aktivitas bermain komputer. Namun ketahuilah, membereskan virus itu tidak sesulit yang kamu bayangkan. Yang perlu kamu lakukan adalah lima langkah sederhana ini.

4. Matikan Laptop Melalui Start Menu

Tidak sedikit pengguna laptop yang mematikan perangkatnya lewat menekan tombol power. Memang terdengar lebih cepat dan praktis, namun hal ini tidak dianjurkan karena menghentikan sistem secara paksa. Akibatnya, kamu mungkin akan mendapati laptop kamu bluescreen di kemudian hari.

Solusinya? Matikan perangkat komputer kamu melalui Start Menu. Jika kamu belum tahu karena belum terbiasa, cara mematikan laptop yang benar adalah pergi ke Start Menu (logo Windows), klik Power dan pilih Shut down.

cara-mematikan-laptop-yang-benar

Laptop memiliki bodi serta komponen yang lebih mini dan sensitif dibandingkan komputer personal. Maka dari itu, laptop memerlukan perawatan yang lebih intensif agar dapat tetap memberikan performa yang optimal dan fisik yang mulus. Oleh sebab itu, cobalah sepuluh langkah di atas agar laptop kamu awet.

Cara apalagi yang kamu lakukan untuk membuat laptop tahan lama?

Leave a Comment