Komputer Terserang Virus? Serang Balik dengan 5 Langkah Ini!

Cara membersihkan virus di komputer secara total tanpa instal ulang

Pernahkah komputermu rusak atau bertindak di luar batas? Jika ya, barangkali komputer kamu terserang virus yang sebabkan perangkat tidak bekerja seyogianya.

Virus adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak atau menganggu kinerja komputer dengan maksud dan tujuan tertentu. Sebagai contoh, spyware dirancang untuk memata-matai dan mencuri privasi korban.

Bagaimana jika saat ini kamu dalam kondisi terserang virus? Gampang, kita serang balik saja. Untuk tujuan tersebut, lakukan lima langkah di bawah ini.

1. Hapus Program Bajakan

Mulai sekarang, setop penggunaan program bajakan di komputer kamu. Mengapa? Karena menurut survei yang dilakukan Microsoft di lima negara ASEAN (termasuk Indonesia), lebih dari 60 persen program bajakan mengandung virus.

Oleh sebab itu, jika tidak dihentikan maka virus-virus ini dapat menggerogoti bagian sistem dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. (Baca: Kerugian Memakai Software Bajakan).

Solusinya? “Bersihkan” program bajakan sekarang juga. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan program berlisensi terbuka (open-source) atau membeli produk orisinalnya.

2. Lakukan Pembersihan Virus Sebulan Sekali

Cara sebelumnya mungkin berhasil menghilangkan virus-virus di komputer kamu. Namun, boleh jadi terdapat celah keamanan yang berpotensi diselip program “nakal” ini.

Agar hal itu tidak terjadi, kamu perlu merutinkan pengecekan (scanning) virus minimal sebulan sekali. Lebih sering, lebih baik.

Untuk mengecek dan membasmi virus-virus di komputer kamu, kamu perlu menggunakan antivirus. Jangan khawatir masalah biaya karena ada banyak antivirus gratisan yang beredar di Internet. Sebut saja Avast! Free Antivirus atau Avira Free Antivirus. Apa pun mereknya, jadwalkan scanning minimal sebulan sekali.

3. Pasang Smadav Antivirus

Menggunakan Avast!, Avira, atau antivirus lainnya mungkin dapat membasmi tuntas virus-virus global. Namun, bagaimana dengan virus lokal? Tentu, kita perlu membersihkan virus ini juga. Salah satunya caranya adalah dengan menginstal Smadav Antivirus di komputer kamu.

Smadav bukan saja dikenal dapat membasmi tuntas virus-virus lokal, namun juga dapat memproteksi komputer dari serangan virus yang datang dari flash disk.

Untuk itu, pasang Smadav Antivirus sekarang juga. Jangan khawatir masalah harga karena perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis melalui smadav.web.id/download.

4. Gunakan Browser Firefox atau Chrome

Seperti yang mungkin kamu ketahui, sumber utama virus adalah Internet. Oleh sebab itu, dibutuhkan perangkat browser yang mampu menangkis ancaman-ancaman tersebut ketika berselancar di dunia maya. Di antara peramban yang lulus tes adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Pada dasarnya, kemampuan dan fasilitas yang dimiliki dua peramban ternama itu hampir sama. Pilih saja salah satu browser tersebut. Secara pribadi, penulis lebih menyukai Firefox karena lebih cepat dan tampilannya sederhana.

5. Setel Pembaruan Otomatis

Cara menghilangkan virus komputer yang terakhir adalah menyetel pembaruan otomatis (automatic update). Hal ini diperlukan untuk menjaga sistem agar terus memberikan performa yang prima dan fasilitas yang kompatibel. Mengapa? Karena perangkat yang tidak kompatibel bisa menjadi celah masuknya virus.

Untuk itu, lakukan pembaruan perangkat minimal sebulan sekali. Jika tidak ingin repot, kamu dapat mengaktifkan pembaruan otomatis. Untuk pengguna Windows 8 ke atas, pembaruan otomatis telah diberlakukan secara default.

Dari cara menghilangkan virus komputer di atas, tahap manakah yang akan kamu lakukan terlebih dahulu?

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*