Cepat atau Lambatkah Koneksi Internet Kamu? Tes di Sini!

Internet adalah teknologi yang tenar di jagat raya. Betapa tidak, di tanah air saja pengguna jaringan yang ditemukan pada 1969 ini melewati angka seratus juta orang. Untuk diketahui, Indonesia menampung sekitar 250 juta penduduk. Itu artinya, sekitar 45 persen di antaranya adalah penikmat jaringan Internet.

Saking tenar dan bergunanya, tak jarang orang yang menggolongkan Internet sebagai salah satu dari kebutuhan pokok.

Satu di antara aspek yang diperhatikan pengguna Internet adalah kecepatan koneksinya. Tentu, koneksi Internet yang kencang memudahkan kita dalam beraktivitas di dunia maya.

Pertanyaannya, bgaimana cara mengukur kecepatan koneksi Internet kita?

Berikut dua cara mudah yang bisa kamu lakukan sekarang juga.

1. Uji Kecepatan Internet Praktis dengan Google Search

Baru-baru ini, Google menambahkan sebuah fitur menarik, yaitu Uji Kecepatan Internet. Google bekerja sama dengan Measurement Lab untuk mengetes kecepatan internet pengguna melalui server Singapura.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengecek jumlah kecepatan pengunduhan dan pengunggahan dari provider internet (ISP) yang digunakan, lengkap dengan informasi termasuk cepat atau lambatkah jumlah tersebut.

Untuk mencoba fitur terbaru Google ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Google.co.id.

2. Telusuri “uji kecepatan internet”.

3. Kamu akan mendapati sebuah kotak tester. Silakan klik tombol Jalankan Uji Kecepatan untuk memulai pengetesan internet.

4. Tunggu beberapa saat selagi Google mengetes kecepatan internet kamu.

5. Lihat hasilnya!

 

Seperti yang kamu lihat, kecepatan internet penulis dinilai sedang menurut pengetesan Google.

2. Cara Tes Kecepatan Internet dengan SpeedTest

Mengetes kecepatan internet dengan Google memang mudah dan praktis. Sayangnya, laporan yang dihasilkan tidak terlalu akurat karena pengetesan dilakukan di server Singapura.

Berbicari akurasi, ada sebuah situs pengetes kecepatan internet yang memberikan laporan yang lebih akurat dibandingkan Google. Ya, situs tersebut bernama SpeedTest dari Ookla.

Tidak seperti Google, SpeedTest memiliki banyak server untuk melakukan pengetesan sehingga ISP kamu akan dites dari server terdekat, bahkan dari kota kamu berada!

Hasilnya sudah dapat ditebak. Laporan pengunduhan dan pengunggahan akan jauh lebih akurat.

Sama seperti Google. Untuk menggunakan SpeedTest cukup mudah, yang perlu kamu lakukan adalah tiga langkah sederhana berikut.

1. Langkah pertama adalah membuka alamat situs www.speedtest.net.

2. Tekan tombol Mulai untuk memulai tes.

3. Tunggu proses hingga kelar. Setelah kelar, kamu akan mendapatkan laporan terkait kecepatan perangkat Internet kamu.

Secara keseluruhan, ada tiga aspek yang dinilai dari dua tester tersebut, yaitu ping, download, dan upload. Tiga istilah tersebut mungkin saja terdengar asing bagi pemula.

Jika kamu salah satunya, di bawah ini pengertian sederhananya.

Istilah:Pengertian:Keterangan:
Pingjumlah waktu yang mengindikasikan seberapa cepat  respons internetmu terhadap permintaan server yang dikunjungi.Lebih kecil angkanya lebih bagus.
Downloadseberapa cepat koneksi kamu dalam hal menerima (mengunduh) paket data.Lebih besar angkanya lebih bagus.
Uploadpengukuran kecepatan koneksi berdasarkan pengiriman (pengunggahan) paket data.Lebih besar angkanya lebih bagus.

Cepatkah Internet Saya? — Rerata Kecepatan Koneksi Internet Indonesia

Usai mengecek tadi, kamu mungkin bertanya, “Apakah koneksi Internet saya tergolong cepat?” Untuk menjawabnya, kita perlu melihat statistik rata-rata kecepatan Internet di Indonesia.

Dilansir dari Akamai (24/08/16), rata-rata kecepatan Internet di negeri Ibu Pertiwi ini adalah 4,5 mbps. Jika koneksi kamu setara atau lebih dari itu, maka kecepatan Internet kamu terbilang bagus (untuk ukuran orang Indonesia).

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

5 Komentar

  1. Saya ada pertanyaan, dalam pengetesan speed apakah diharuskan memilih server yg akan dites? Krn sy berlangganan FirstMedia. Dmn semua teknisi memilih Ookla app utk mengetesnya. Disitu akan tercapai hasil yg baik. Yg saya heran, saya memiliki 3 app lain selain Ookla yg hasilnya selalu jelek. Pdhl itu app berbayar. Bukan gratisan.Kok saya merasa dibodohi ya sm teknisi FM. Mereka bilang hrs cek setting spya server yg akan ditest itu pny mereka. Bukannya kita auto detect dan konek ke wifi kita secara otomatis?

    • Benar jawaban teknisi FM tersebut 🙂

      Ini bukan masalah auto detect ataupun konek wifi secara otomatis. Namun, mencari server yang terdekat atau bahkan sama dengan jaringan wifi yang Anda gunakan.

      Untuk masalah ini, sebenarnya SpeedTest.net kepunyaan Oklaa itu sudah lebih dari cukup karena mereka support banyak server di Indonesia (dan otomatis). Hasilnya, Anda akan memperoleh pengetesan dari server terdekat atau bahkan server Anda saat ini. Tentu akurasinya menjadi sangat baik.

      Jujur saja, saya belum pernah mencoba aplikasi apapun untuk pengetesan kecepatan internet karena ya alasan tadi, SpeedTest sudah bekerja dengan sangat baik.

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*