Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Mbps dan MBps

Banyak orang yang kecewa melihat brosur iklan provider Internet yang menjanjikan kecepatan (bandwith) hingga 3,6, 7,2, bahkan 42 Mbps. Mereka kecewa, lantaran ketika dicoba akses Internet tidak secepat yang diiklankan. Tak heran, setengah dari mereka komplain ke customer service karena merasa tertipu.

Meskipun demikian, sejatinya ini bukanlah kesalahan sang penyedia layanan. Sebaliknya, ini kesalahan kita sendiri karena miskonsepsi antara Mbps dan MBps.

Perhatikan gambar di bawah ini….

indosat_internet_42_mbps
Indosat menawarkan paket Internet hingga 42 Mbps.

Jadi orang berpikir ketika mereka mendaftar di paket Super Internet Indosat, mereka dapat mengunduh berkas sebesar 42 MB dalam satu detik atau berkas 126 MB dalam tiga detik.

Benar? Salah! Selama bandwith Internet kamu masih dalam kisaran 42 Mbps, kamu takkan pernah merasakan pengalaman mengunduh secepat itu. Mengapa? Karena Mbps dan MBps bukan istilah yang sama.

Mengetahui Perbedaan Mbps dengan MBps

Mbps dan MBps adalah dua istilah yang berbeda. Perbedaannya bukan terletak di huruf  “b” saja–yang mana yang satu ditandai dengan huruf kapital–melainkan kepanjangannya. Mbps adalah singkatan dari megabit per second, sedangkan MBps singkatan dari megabyte per second.

Jadi perbedaan utamanya terletak pada bit dan byte.

Mengenal Satuan Bit

bit

Pendeknya, bit adalah satuan terkecil dalam bidang komputasi. Bit sendiri mewakili angka nol dan satu. Sebagai contoh, 0 adalah 1 bit; 10 adalah 2 bits; 1001 adalah 4 bits.

Lantas Apa itu Byte?

bytes

Kelanjutan dari bit. Ketika angka bit sudah mencapai delapan karakter, maka dapat dikalkulasikan menjadi 1 byte. Contohnya, 01110100 adalah 1 byte; 0010101000110001 adalah 2 bytes; 001010100011000101110100 adalah 3 bytes.

Lebih lanjut, ketika penjumlahannya sudah mencapai 1024 bytes, maka dapat dipersingkat menjadi 1 kilobyte. Ketika sudah mencapai 1024 kilobytes, maka dapat dipersingkat lagi menjadi 1 megabyte. Begitu seterusnya sampai yottabyte.

Cara Konversi Mbps ke MBps

Praktis kita jadi tahu bahwa byte adalah seperdelapan dari bit. Maka dari itu, jika ada provider Internet yang menawarkan bandwith hingga 42 Mbps, maka sama saja dengan 5,25 MBps (42 dibagi 8 = 5,25). Dengan demikian, butuh waktu paling cepat delapan detik untuk mengunduh berkas sebesar 42 MB.

Provider Internet acapkali memakai satuan Mbps untuk menggambarkan bandwith layanannya. Sementara itu, hampir semua perangkat lunak pengunduhan sekarang memakai satuan MBps. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan kontradiksi khususnya bagi orang-orang awam yang tidak tahu perbedaan kedua istilah tersebut.

Namun kini kamu tak perlu khawatir lagi. Karena setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi paham membedakan dan mengonversi satuan Mbps dengan MBps.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*