20 Fitur “Tersembunyi” Google Search yang Mungkin Belum Pernah Kamu Ketahui

Fitur tersembunyi Google

Jika kamu menganggap Google sebagai mesin pencari biasa, pikirkan lagi. Google sebagai mesin pencari ternama, ingin terus memberikan pengalaman terbaik pada penggunanya. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menyajikan berbagai fitur yang memudahkan urusan para pelanggannya.

Namun, sebagian fitur tersebut “tersembunyi” karena Google tidak menampilkannya secara langsung, namun melalui sebuah dialog tertentu yang diketikkan pengguna di kotak penelusuran.

Penasaran seperti apa fitur-fitur tersebut? Berikut dua puluh fitur tersembunyi Google Search yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

1. Pesan Tiket Penerbangan

Fitur tersembunyi pertama yang ada di Google adalah memesan atau mengecek tiket penerbangan. Untuk tujuan tersebut, telusuri  “penerbangan” di Google.co.id. Masukkan destinasi penerbangan pada kolom seperti gambar di bawah.

Berikutnya, kamu akan dialihkan ke halaman pemesanan pemberangkatan dan pemulangan. Di sana, kamu dapat memesan lebih detail lagi seperti menyetel waktu keberangkatan dan kepulangan atau memilih sekali jalan. Bukan hanya itu, kamu juga dapat memilih penerbangan berdasarkan harga atau armada yang hendak digunakan. Luar biasa, bukan?

2. Pencarian di Situs Spesifik

Fitur ini akan berguna bagi kamu yang hendak menelusuri kata atau frasa tertentu pada situs spesifik. Caranya, ketik “site:[URL situs] [kata kunci]”. Ubah [URL situs] dan [kata kunci] dengan preferensi yang kamu inginkan.

Pada contoh penulis, penulis mengetikkan site:bahasteknologi.com laptop. Hasilnya adalah halaman-halaman pada situs tersebut berdasarkan kata kunci laptop.

3. Pengecualian Kata Kunci

Tidak ingin mendapatkan tips, berita, atau wawasan dari poin tertentu? Jika ya, buat pengecualian kata kunci. Caranya, masukkan kata kunci yang kamu inginkan. Kemudian, sisipkan tanda strip (-) berikut kata yang ingin kamu buang.

Pada contoh penulis, penulis menelusuri cara menurunkan berat badan –olahraga –diet. Hasilnya, penulis mendapatkan artikel-artikel yang mengupas topik menurunkan berat badan tanpa perlu olahraga ataupun diet.

4. Penerjemah Bahasa

Google telah mengadopsi fitur Google Translate ke dalam mesin pencarinya. Kabar baiknya, penerjemahan menjadi lebih mudah di mana kamu cukup memasukkan kata atau kalimat yang hendak diterjemahkan ke dalam bahasa apa pun.

Jika kamu tertarik mencobanya, telusuri “translate [kata yang hendak diterjemahkan] to [tujuan bahasa]” di Google. Kamu akan menemukan terjemahan dari kata yang kamu masukkan. Sebagai catatan, fitur ini menggunakan deteksi bahasa sehingga tidak perlu repot memasukkan asal bahasa ke dalam rumus.

Misalnya, telusuri translate chicken to indonesia untuk mendapatkan terjemahan dari kata chicken ke dalam bahasa Indonesia.

5. Kalkulator

Fitur tersembunyi lainnya yang dimiliki Google adalah kalkulator. Meski sederhana, kalkulator milik Google terbilang lengkap dibandingkan kalkukator pada umumnya karena mendukung sin-cos-tan, logaritme, akar, dan banyak lagi. Untuk menggunakannya, telusuri kata “kalkulator” di kolom pencarian dan mulailah mengalkulasi bilangan yang kamu inginkan.

Selain cara tersebut, kamu juga dapat langsung menelusuri bilangan yang ingin dikalkulasi ke dalam kolom pencarian. Sebagai contoh, telusuri “10-8=” untuk mengetahui hasil pengurangan antara bilangan sepuluh dengan delapan. Contoh lain, telusuri “20:5” untuk mengetahui hasil pembagian antara dua puluh dengan lima.

6. Data Publik

Fitur ini memungkinkan kamu memeriksa tren peningkatan populasi atau tingkat pengangguran di suatu daerah. Rumusnya adalah “tingkat pengangguran/tingkat populasi di [negara]”.

Sebagai contoh, penulis menelusuri tingkat pengangguran amerika serikat di Google. Dari hasil menelusuri tersebut, data menunjukkan tingkat pengangguran di Amerika Serikat adalah 4,9 persen berdasarkan riset terakhir (Juni 2016).

7. Konversi Nilai Mata Uang

Perlu mengonversi nilai mata uang dari suatu negara ke negara lain? Jawabannya bukan dengan jauh-jauh pergi ke bank nasional. Cukup masukkan “[nominal + mata uang] ke [mata uang tujuan]” ke dalam kotak pencarian.

Sebagai contoh, penulis mengetik 200.000 rupiah ke USD. Hasilnya, Google menunjukkan bahwa konversi nilai mata uang tersebut adalah 14,8 USD.

8. Zona Waktu

Untuk melihat zona waktu, kode yang perlu kamu masukkan adalah “waktu di [lokasi]”. Hasilnya, kamu akan mendapatkan zona waktu menurut lokasi yang kamu ketik.

Sebagai contoh, ketika menulis waktu di Surabaya, kamu akan mendapatkan zona waktu yang ada di Surabaya sekarang. Contoh lain, ketika menulis waktu di Amerika Serikat, kamu akan mendapatkan zona waktu di Amerika Serikat detik ini.

9. Lihat Skor Pertandingan Sepak Bola

Ketika hendak mengetahui skor pertandingan sepak bola tadi malam, ke mana kamu akan pergi? Biasanya, sih, acara televisi yang menayangkan siaran ulang pertandingan tersebut. Namun, bagaimana jika kamu melewatkan acara itu? Jangan galau. Kamu bisa, kok, melihat skor pertandingan sepak bola tersebut di Google.

Untuk tujuan tersebut, telusuri “skor [tim tuan rumah] vs [tim lawan]”. Sebagai contoh, ketika menelusuri skor Thailand vs Indonesia, kamu akan mengetahui bahwa pada leg pertama, Indonesia unggul dua-satu dari Thailand. Namun, di leg kedua Indonesia kalah dengan skor dua kosong yang otomatis menjuarai Thailand di Piala AFF Suzuki 2016. Tidak sulit, bukan?

10. Cek Klasemen Liga Eropa

Selain melihat skor, kamu juga dapat melihat klasemen liga eropa musim ini. Yang perlu kamu lakukan adalah menelusuri “klasemen liga [negara bagian]”. Kamu akan mendapati lima besar urutan klasemen menurut negara bagian yang kamu masukkan. Ulurkan Klasemen lengkap untuk melihat seluruh urutan tim pada liga tersebut.

11. TelusurAman

Sudah menjadi hal yang umum bahwa selain menampilkan konten general, Google juga menampilkan hasil penulusuran dengan konten khusus, salah satunya adalah konten dewasa. Jika kamu tidak ingin konten seperti ini ditampilkan, dapat dengan menyalakan fitur TelusurAman (SafeSearch).

Untuk itu, buka Setelan, centang opsi Aktifkan TelusurAman. Berikutnya, gulir laman ke bawah, pilih tombol Simpan berwarna biru. Dengan demikian, konten-konten yang tersaring filter tidak akan ditampilkan lagi. Mohon diingat, filter ini tidak seratus persen akurat, namun setidaknya dapat menghindari sebagian besar konten berbau seksual dan kekerasan.

12. Google Advanced Search

Poin nomor tiga dan sebelas sebetulnya hanyalah salah satu penerapan dari Google Penelusuran Lanjutan (Advanced Search). Seperti namanya, Penelusuran Lanjutan berguna bagi kamu yang hendak menelusuri laman secara spesifik dan mempersempit hasil penelusuran. Pendek kata, laman yang kamu dapat di hasil penelusuran nanti akan lebih relevan dengan menggunakan fitur ini.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Google Advanced Search. Saat berada di laman tersebut, atur kolom preferensi penelusuran sesuai yang kamu mau seperti menyetel kata-kata yang tidak atau akan keluar, menyetel rentang angka, memilih bahasa, kawasan, dan lain-lain. Jika sudah yakin, gulir ke bawah dan klik tombol Penelusuran Lanjutan berwarna biru. Kamu akan menemukan hasil penelusuran menurut preferensi yang kamu atur.

13. Penerka Gambar

Fitur ini berguna bagi kamu yang hendak menelusuri kata kunci bukan berdasarkan teks, namun berdasarkan gambar. Caranya adalah buka Google Images, klik simbol kamera, tempel URL gambar atau unggah gambar dari komputer kamu. Tunggu beberapa saat, Google akan memberikan keterangan terkait foto yang kamu unggah.

14. Mencari Situs Serupa

Kamu juga dapat mencari situs-situs yang membahas topik serupa untuk situs tertentu. Masukkan “related:[URL situs]” ke dalam kotak penelusuran.Sebagai contoh, ketika menelusuri related:lazada.co.id, kamuakan mendapatkan situs serupa seperti BliBli, Tokopedia, Bhinneka, dan marketplace online lainnya. Contoh lain, ketik related:detik.com untuk menemukan situs surat kabar nasional lain seperti Kompas, Tribunnews, Okezone, dan beberapa situs kabar lainnya.

15. Cek Jumlah Kalori Suatu Makanan

Kamu hendak mengetahui jumlah kalori untuk makanan atau minuman yang kamu konsumsi? Jika ya, caranya adalah dengan menggunakan pedomenter (alat penghitung jumlah kalori).

Akan tetapi, bagaimana jika tidak punya alat tersebut? Jangan khawatir. Alternatifnya adalah menggunakan “pedometer” milik Google. Cukup ketikkan frasa “jumlah kalori [makanan/minuman]”. Contohnya, ketik jumlah kalori beras di kolom pencarian. Oh, ternyata jumlah kalori untuk 100 gram beras adalah 130 kcal. Lakukan hal serupa untuk melihat kalori pada makanan lainnya.

16. Menggunakan Google Sebagai Proxy

Fitur keren lain yang dapat sangat bermanfaat adalah proxy yang dapat kamu gunakan secara gratis dan bebas. Sederhanya, proxy berguna untuk menampilkan situs-situs yang diblokir pemerintah atau provider dengan alasan tertentu. Cukup ketik “cache:[alamatsitus.com]” di kotak penelusuran untuk terbebas dari blokir situs yang dimaksud.

17. Cek Kepadatan Lalu Lintas

Untuk kamu yang tinggal di daerah tertentu seperti Jakarta, perlu pintar-pintar mencari jalan agar tidak terjebak macet. Salah satu caranya adalah dengan mengecek kepadatan lalu lintas di derah tersebut. Selain menggunakan Google Map, di penelusuran Google sendiri terdapat sebuah fitur untuk mengecek kepadatan lalu lintas.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengetik “traffic” di kolom pencarian Google. Hasilnya, Google akan menampilkan sebuah peta yang ditandai dengan beberapa ruas jalan. Ruas berwarna hijau mengindikasikan jalanan lancar. Ruas oranye mengindikasikan jalanan padat. Sementara itu, ruas berwarna merah adalah jalanan yang ditandai macet.

18. Cek Cuaca

Google juga dapat berfungsi sebagai ramalan cuaca. Fitur cuaca jamak digunakan untuk mengecek curah hujan di daerah tertentu.

Untuk mengecek cuaca di lokasi kamu, telusuri cuaca. Untuk mengecek cuaca di daerah spesifik, ketik “cuaca di [daerah]” di kolom penelusuran. Sebagai contoh, ketika mengetikkan cuaca di Monas, kamu akan menemukan keterangan lengkap terkait cuaca di daerah tersebut. Tidak berhenti di situ, kamu juga dapat meminta keterangan cuaca pada hari tertentu dengan memasukkan “cuaca di [daerah] pada [hari]”.

19. Cek Waktu Matahari Terbit dan Terbenam

Fitur menarik lainnya adalah kamu dapat mengecek waktu terbit dan terbenamnya matahari melalui Google. Hal ini dapat dilakukan untuk mengecek terbenam atau terbitnya matahari di lokasi kamu atau di daerah tertentu.

Untuk menemukan waktu terbenam atau terbit matahari di lokasi kamu, ketik “matahari terbit” atau “matahari terbenam”. Untuk mengecek waktu terbenam dan terbitnya matahari di daerah sepesfik, telusuri “matahari terbit di [daerah]” atau “matahari terbenam di [daerah]”.

20. Jawaban Cepat

The last but not least, kamu dapat mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Google untuk mendapatkan jawaban cepat (Quick Answers). Dari jumlah tersebut, di bawah ini lima kueri yang dapat kamu coba berikut contohnya:

  • Siapa presiden [negara]? (siapa presiden India?)
  • Siapa [posisi] <nama band musik>? (siapa gitaris Noah?)
  • Siapa aktor film [nama film]? (siapa aktor film Thor?)
  • Siapa pasangan [tokoh]? (siapa pasangan Steve Jobs?)
  • Kapan [negara] diciptakan? (kapan Belanda diciptakan?)

Mohon diingat, tidak semua pertanyaan dijawab menggunakan fitur Quick Answer. Perlu digarisbawahi juga, fitur Quick Answer masih jarang muncul di hasil penelusuran Google Indonesia.

Mesin pencari Google bukanlah sekadar “mesin pencari”. Dibalik tampilannya yang sederhana, Google memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang bisa sangat bermanfaat apabila kamu mengetahuinya. Tentu, masih banyak fitur tersembunyi lain yang belum terungkap di postingan ini. Rajin dan tekunlah mengutak-atik mesin pencari tersebut untuk menggeledah fitur-fitur tersembunyi lainnya. Selamat bereksplorasi!

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 92 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

1 Komentar

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*