Cara Bermain Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 dengan Joystick

Cara setting GamePad/joystick Naruto Ultimate Ninja Storm 4 pada pc

Awal perilisannya, Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 (NSUNS 4) merupakan sebuah permainan berbayar untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Namun, pada 5 Februari 2016, Bandai Namco Entertainment juga merilis versi komputernya.

Ada cukup banyak pembaruan yang dilangsungkan CyberConnect2 pada permainannya ini sehingga memberi pengalaman bermain yang lebih memuaskan. Misalnya terkait peningkatan grafis, karakter, aksesori, dan sebagainya.

Meski demikian, developer permainan yang mengisahkan Naruto dan perang dunia ninja terakhir ini tampaknya belum “membuka mata” untuk menyediakan pengaturan gamepad/joystick di PC. Padahal, sejak perilisan permainan Naruto seri pertama di komputer, banyak penggemar berharap bisa memainkannya dengan joystick.

Jika kamu mempunyai harapan yang sama, kabar baiknya adalah kamu bisa memainkan NSUNS 4 dengan joystick. Pasalnya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang memuat pengaturan joystick untuk NSUNS 4, salah satunya adalah TocaEdit Xbox 360 Controller Emulator.

Seperti namanya, emulator ini sebenarnya untuk mengadapsi konsol stik Xbox 360 agar dapat dimainkan di PC. Namun, jangan khawatir jika kamu hanya punya USB joystick untuk komputer karena aplikasi ini juga mendukung konsol tesrebut.

Tanpa basa-basi lagi, di bawah ini tahap demi tahap mengonfigurasi emulator tersebut di komputer sehingga dapat bermain NSUNS 4 dengan joystick.

1. Unduh x360ce 64-bit.

2. Usai mengunduh, ekstrak berkas tersebut sehingga menampilkan sebuah aplikasi eksekutor. Kopi eksekutor tersebut menuju direktori NSUNS 4 di komputer kamu.

3. Setelah eksekutor tertempel, jalankan eksekutor dengan mode administator (run as administrator).

4. Ketika muncul notifikasi peringatan “xinput 1_3 dll” was not found”, klik tombol Create.

5. Colokkan joystick ke komputer. Pada notifikasi “New device detected”, centang opsi Search automatically for settings dan klik OK.

6. Tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah selesai, klik tombol Finish dan coba mainkan game-nya. Jika merasa ada pengaturan yang kurang cocok atau ingin menukarkan fungsi suatu tombol dengan tombol lain, buka eksekutor kembali. Gulir ke bawah tombol yang dirasa kurang cocok, pilih [Record]. Tekan tombol yang kamu inginkan melalui joystick.

X360ce merupakan emulator yang berfungsi mengonfigurasi game-game komputer untuk dapat dimainkan menggunakan joystick. Di antara game yang didukungnya adalah Grand Theft Auto V, FIFA 15, Need For Speed Rivals, dan NSUNS 4. Untuk mengonfigurasi emulator ini dengan NSUNS 4, cobalah enam tahap di atas. Selamat mencoba!

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 90 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

16 Komentar

  1. Artikel yg bermanfaat. Belom di coba.

    Oya mau nanya tentang game NEED FOR SPEED RIVALS. Gmn game ini bisa dimainkan dgn lancar gan?
    Katanya game ini cuma di patok di 30 fps saja dr pembuatnya.

    Thanks.

    • Pastikan joystick-nya berfungsi ya Gan. Pastikan pula driver dari joystick tersebut telah terinstal di komputer agan.

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*