3 Cara Mencari NISN Siswa: Lewat Android, Komputer, dan Web

Penting! Berhubung banyaknya keluhan tentang tidak terdaftarnya data NISN siswa di situs Kemdikbud, maka saya telah menulis artikel yang khusus mengupas masalah itu. Silakan baca NISN Tidak Terdaftar, Apa yang Harus Dilakukan?

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan deretan angka unik yang diberikan kepada tiap siswa mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

NISN ini akan sangat berguna pada saat menjelang pengambilan rapor, mulai dari SD, SMP, SMA, atau penyeleksian masuk universitas negeri. Baik melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN.

Di postingan ini, saya akan mengupas dua cara untuk mengecek NISN. Yaitu, melalui internet dan aplikasi Android.

Tanpa panjang lebar lagi, let’s get started!

1. Cara Cek NISN Lewat Internet

Cara paling umum untuk mengecek NISN yaitu melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah tiga langkah sederhana berikut ini.

1. Buka alamat berikut nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama

3. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir sesuai dengan identitas kamu. Jangan lupa klik tombol Cari setelahnya.

Selesai! Kamu akan mendapatkan data NISN kamu.

2. Cara Cek NISN Lewat Aplikasi Android

1. Download aplikasi Data NISN di Google Play Store.

2. Setelah menginstal, jalankan aplikasi tersebut.

3. Pilih opsi CARI NISN

4. Masukkan identitas-identitas kamu ke kolom yang tersedia.

Kelebihan aplikasi ini adalah bisa bookmark data NISN yang sudah kamu cek. Sehingga, kamu bisa mengecek NISN kamu meski sedang tidak dalam koneksi internet.

Pertanyaan-Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan

1. Setelah dicek, situs menampilkan data NISN ganda (lebih dari satu). Mana yang benar?

NISN muncul lebih dari satu merupakan persoalan yang lumayan sering terjadi. Biasanya, penyebabnya adalah pihak administrasi SMP atau SMA mengajukan NISN yang baru kepada Dapodik. Padahal, siswa telah memiliki NISN sebelumnya dari SD atau SMP.

Untuk masalah ini, pihak Dapodik telah meresponsnya dengan memberikan dua solusi. Pertama, pilihlah NISN yang sudah divalidasi atau digunakan di sekolah pendidikan terakhir siswa (misalnya SMA).

Solusi kedua, jika tidak mengetahui mana NISN yang digunakan sekolah, maka pilihlah NISN dengan jumlah angka paling sedikit.

2. Saya Tidak Bisa Mengakses Situs Kemdikbud, Solusinya?

Coba pakai aplikasi NISN untuk Android. Jika masih tidak bisa, maka tunggulah beberapa saat. Ini pertanda server sana sedang turun. Selain itu, cobalah mengecek pada jam-jam sepi. Misalnya, jam 12 malam atau 3 pagi.

3. NISN saya tidak ditemukan, bagaimana?

Ini, nih, persoalan yang paling meresahkan. Setelah dicek, NISN siswa malah tidak ditemukan. Padahal, sudah mengisi data-data dengan baik.

Untuk hal ini, saya telah menulis sebuah postingan yang khusus membahas masalah tersebut. Jika tertarik, kamu bisa membacanya di sini.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*