Sejarah Telepon Lengkap: Penemu dan Perkembangan Telepon dari Masa ke Masa

Siapakah sang penemu telepon? Apakah kamu menjawab Alexander Graham Bell? Jika ya, jawabannya keliru. Ternyata, selama ini penemu telepon pertama kali bukanlah Bell melainkan seorang pria berkebangsaan Italia bernama Antonio Meucci.

Berarti selama ini kita salah, dong? Nah, ada kisah yang cukup menarik tentang penemuan telepon ini. Oleh sebab itu, di artikel ini penulis akan menjelaskan secara rinci dimulai dari prasejarah, sejarah ditemukannya telepon, hingga perkembangan telepon dari masa ke masa. Disimak, ya!

Apa itu Telepon?

Sebelum menuju sejarah telepon, penulis pikir penting untuk menjelaskan mengenai pengertian telepon. Hal ini biar kamu enggak kaget dengan telepon-telepon jadul yang simpel banget, tapi sudah bisa disebut “telepon.”

Telepon sendiri berasal dari kata “tale” dan “phone” yang berarti “jauh” dan “suara.” Jadi, telepon merupakan alat yang menyampaikan suara dari jarak jauh.

Telepon bisa berfungsi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik.

Presejarah: Bagaimana Orang-Orang Berkomunasi Sebelum Adanya Telepon

Sebelum adanya telepon, tentu sudah bisa dibayangkan betapa sulitnya komunikasi pada masa itu. Kalau sekarang bisa tinggal melakukan panggilan atau kirim SMS, maka pilihan orang-orang pratelepon saat itu hanya dua: berkunjung langsung ke orangnya atau menggunakan jasa pengiriman.

Pada zaman dahulu sekali, media terpopuler dalam berkomunikasi adalah burung. Misalnya adalah burung merpati. Sudah lama dikenal bahwa merpati merupakan salah satu jenis burung yang pintar, mempunyai daya ingat yang kuat, dan memiliki navigasi yang baik. Merpati mampu kembali ke sarangnya tanpa tersesat meskipun sudah terbang ke tempat yang sangat jauh dan dalam waktu yang lama.

Nah, burung-burung ini kemudian dilatih supaya bisa mengirimkan surat ke tempat tujuan secara tepat. Karena telah dilatih ditambah insting kuat burung tersebut, maka peluang burung ini bakal tersasar kecil sekali. Oh ya, selain burung merpati, juga ada burung hud hud alias burung hupo. Burung inilah yang digunakan Nabi Sulaiman ketika mengirimkan surat ke Ratu Balqis.

Selain dengan jasa burung, orang-orang juga sering menugaskan orang tertentu untuk mengantarkan surat. Pada akhirnya, hal ini membuka peluang bisnis baru yaitu jasa pengiriman surat atau mungkin saat ini akrab kita sebut tukang pos. Servis ini masih tetap eksis sampai detik ini, meskipun, ya, lebih sering digunakan buat mengantar barang, bukan mengantar surat.

Tentu saja, kekurangan dua metode tadi adalah jangka waktu pengirimannya yang bisa sangat memakan waktu. Terlebih jika mengandalkan burung, bisa-bisa dua bulan baru sampai. Nah, di sinilah seorang Antonio Meucci berpikir bagaimana teknologi bisa memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dengan cepat, tanpa harus dibatasi dengan jarak.

Penemuan Telepon dan Fakta Mengejutkan Tentang Si Penemu Telepon

Sebenarnya, sudah sejak lama para ahli sejarawan memperdebatkan masalah siapa yang lebih dahulu menemukan telepon. Ada enam tokoh populer yang diperdebatkan, yaitu Alexander Graham Bell, Elisha Gray, Zenos Wilber, Antonio Meucci, Johan Philipp Reis, dan Thomas Alfa Edision. Masing-masing mengklaim bahwa dirinya-lah yang pertama kali menggarisbesarkan konsep telepon. Terlepas dari itu, dari tahun 1870-an, sejarawan sepakat bahwa Bell-lah si penemunya.

Hingga setelah ditelusuri lebih dalam lagi, baru diketahui bahwa ternyata ada dugaan plagiarisme karya Meucci oleh Bell. Akhirnya pada 2002 melalui Kongres Amerika Serikat, ditetapkan bahwa Meuci-lah si penemu konsep telepon pertama kali. Sayangnya, Meucci telah keburu meninggal (1889) sebelum bisa merayakan kemenangannya ini.

Meskipun Meucci merupakan orang pertama yang mengemukakan konsep telepon, Bell tetap menjadi tokoh penting dan yang paling sering dibicarakan karena pengembangan yang dilakukannya hingga telepon benar-benar terwujud dalam bentuk fisik.

Karya telepon pertama Bell adalah sebuah perangkat bernama Liquid Transmitter. Sistem yang diterapkan masih sangat sederhana, yaitu dengan kawat yang dipertemukan dengan air yang bersifat asam dan konduktor. Tegangan yang dihasilkan keduanya kemudian dapat mengirimkan percakapan antara dua telepon.

Uji coba telepon pertamanya dilakukan dengan seorang temannya bernama Thomas Watson. Kata-katanya yaitu, “Mr. Watson, come here. I want to see you.” Ingat, karena teknologinya masih terbatas sekali, maka telepon ini cuma bisa digunakan dalam jarak yang dekat. Lebih jelasnya, silakan tonton video berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=4lJ6Pwb15JY

So, itulah kira-kira wujud telepon perdana di dunia. Setelah penemuan Liquid Transmitter yang fenomenal itu, telepon terus berkembang dari segi bentuk, fungsionalitas, dan teknologi. Berikut adalah sejumlah telepon fenomenal dari tahun 1880 hingga 1970.

Perkembangan Telepon dari 1880–1970

1. Gower Bell (1880)

Telepon ini didesain oleh Frederic Allan Gower, seorang pengusaha Amerika yang mengoperasikan waralaba Bell di New England. Telepon ini merupakan sedikit modifikasi dari Liquid Transmitter kepunyaan Bell. Gower Bell juga sempat menjadi telepon standar British Post Office selama beberapa tahun.

2. Strowger (1905)

Strowger adalah sistem pertukaran telepon saklar elektromekanik pertama yang sukses secara komersial. Telepon ini dikembangkan oleh Strowger Automatic Telephone Exchange Company yang didirikan pada tahun 1891 oleh Almon Brown Strowger.

3. Frankfut “Bauhaus” (1925)

Telepon ini pertama kali diperkenalkan pada 4 Januari 1925. Ini merupakan jenis telepon putar pertama di dunia.

4. Telepon Mobil (1960)

Pada era ini, telepon juga beradaptasi sehingga bisa terintegrasi dengan mobil menggunakan kabel. Sistem ini dikenal dengan Mobile Telephone System A.

5. AT&T Picturephone (1970)

Ini merupakan jenis telepon pertama yang bisa mengirimkan gambar si penerimanya atau sering disebut videphone. Cek video berikut ini untuk melihat pengoperasian AT&T Picturephone.

6. DynaTac (1973)

Nah, kalau yang ini merupakan telepon genggam pertama yang ada di dunia. Yup, prototipe telepon ini sudah bisa digunakan tanpa terintegrasi apa pun sama sekali.

Sekadar tahu saja, ponsel ini masih jauh ketinggalan dibandingkan ponsel zaman sekarang. Bobotnya pada saat itu hampir 2 kg dan bodinya sangat besar. Terlebih, hanya bisa melakukan panggilan selama 15 menit karena baterainya gampang habis.

Terlepas dari itu, ponsel buatan Martin Cooper inilah yang membuka jalan bagi inventor-inventor lain untuk mengembangkan ponsel menjadi lebih canggih lagi. Hingga ponsel menjadi bentuk yang sekarang.

Lebih lengkap mengenai sejarah handphone bisa dilihat di artikel Sejarah Handphone: Dari Sekadar Telepon Genggam Hingga Menjadi “Smartphone”.

Penutup

Tampaknya, saat ini kebutuhan pokok bukan hanya sandang, pangan, dan papan saja. Namun, ponsel juga menjadi salah satu kebutuhan sebagai alat komunikasi dengan kerabat jauh. Ponsel juga bisa menjadi sarana penghilang kejenuhan dengan segala permainan yang ada di dalamnya.

Namun, kita perlu mengingat bahwa benda yang sekarang masuk ke dalam kantong kita ini berasal dari sebuah penemuan yang kompleks dan rumit oleh para ilmuwan terdahulu. Oleh sebabnya, sudah sepantasnya kita berterima kasih, mengapresiasi, dan menghargai penemuan mereka!

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*