25 Mobil Terunik & Teraneh Ini Pasti Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala!

Apa yang kamu bayangkan ketika kamu memikirkan bentuk mobil? Apakah kamu memikirkan salah satu dari hal berikut? Beroda empat; kaca di depan, samping, dan belakang; dua lampu depan dan belakang; spion di sisi kiri dan kanan, dan seterusnya.

Kira-kira beginilah bentuknya:

Akan tetapi, ternyata di dunia ini ada saja vendor-vendor tertentu yang mencoba bereksperimen dengan merancang mobil dengan desain yang tak lazim.

Mulai dari beroda tiga, berbentuk kapal, ukuran roda yang lebih besar dari tubuh mobil, hingga mobil yang mampu bergerak di atas air.

Pasti penasaran, kan? Kalau begitu, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Baca Seri 25 Mobil yang Lain:

25. 1953 General Motors Firebird 1 XP-2

Dari desainnya saja, mobil ini tampak unik sekali, bukan? Sebenarnya, tidak seunik yang kamu kira karena desain mobil ini ngikutin model pesawat jet. Ya, pesawat jet. Bedanya, yang satu ini digunakan di daratan dengan empat roda dan satu kursi.

Turbin mesin ini mampu berputar hingga 26,000 rpm untuk menghasilkan 370 daya kuda. Which is, sangat-sangat besar pada saat itu (1953). Tapi kalau sekarang, tenaga segitu mah tergolong biasa saja.

24. Peel P50

Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 1962 ini tercatat sebagai mobil produksi terkecil di dunia oleh Guinness World Record. Saking kecilnya, mobil ini tidak bisa memuat orang jika cara masuknya sembarangan.

Untuk memasuki mobil ini, ada aturan khusus yang perlu diikuti. Yaitu, masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu, kemudian dengan menunduk perlahan masukkan badan, dan diikuti dengan kaki kiri. Jika tidak, maka pengemudi bisa terjepit atau bahkan terjungkak ke belakang bersama mobil.

Mobil ini cuma punya satu pintu di sisi kiri dan satu kursi untuk pengemudinya. Hal menarik lainnya, mobil ini tidak disertai dengan gigi mundur. Jadi kalau mau mundur, silakan keluar dan balikkan mobilnya dengan mengangkat pegangan besi di bagian belakang.

Dengan harga £1,400 atau sekitar 26 juta rupiah, mobil ini kayaknya bakalan cocok buat kamu yang sudah resah dengan kondisi macet. Bisa salip-salip layaknya sepeda motor, nih. Tertarik membelinya?

23. Colim

Colim adalah mobil konsep berjenis karavan. Mobil ini memiliki dua bagian yang bisa dilepas, yaitu bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan mobil digunakan untuk pengemudian, sementara bagian belakangnya berfungsi sebagai “rumah berjalan.”

Meskipun masih konsep, tetapi tentu ide mobil ini sangatlah fantastis. Kalau kamu ngantuk atau pegel saat menyetir mobil, kamu bisa berhenti dulu, pindah ke bagian belakang mobil, dan tidur di kasur yang telah disediakan.

22. The Maybach Exelero concept

Mobil unik tidak mesti selalu jelek, bukan? Contoh mobil unik yang keren adalah Maybach Exelero ini. Mobil yang dirancang oleh Mercedez Benz ini hanya ada satu di dunia, dan sudah dibeli oleh seorang miliarder bernama Bryan Williams dengan harga super duper mega fantastis, yaitu 8 juta dolar atau sekitar 117 miliar rupiah.

Dari segi performa, mobil ini juara pada zamannya (2005). Mobil ini punya top speed 350 km/jam dan memiliki akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,4 detik. Tapi kalau sekarang, sudah disalip sama supercar-supercar buatan Koenigsegg dan Bugatti.

21. 1960 Pininfarina X

Tidak usah heran jika mobil tahun 50-an bentuknya aneh-aneh. Wajar saja karena waktu itu adalah zaman perang dunia kedua. Desain mobil dibuat sedemikian rupa sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan. Salah satunya adalah Pininfarina X ini yang terinspirasi oleh Space Race. 

20. The 1957 Aurora

Mobil ini disebut-sebut sebagai mobil terjelek yang pernah ada. Meskipun demikian, mobil ini dipercaya merupakan mobil pertama yang menerapkan fitur Experimental Safety Vehicle (ESV)Pada akhirnya, Aurora adalah produk gagal karena hanya mampu terjual satu unit dengan harga 30 ribu dolar Amerika.

19. CitiCar

Siapa sangka jika mobil aneh ini sempat populer pada tahun 70-an. Bahkan Sebring-Vanguard, produsen mobil ini sempat menjadi produsen mobil terbesar keenam gara-gara CitiCar-nya.

Hal ini karena pada era 1974-1975, sedang ada krisis minyak gas besar-besaran. Di tengah-tengah itu, Robert Beaunomert adalah seseorang yang mengemukakan konsep mobil listrik sebagai pengganti oli. Hasilnya, sebuah mobil yang mirip kereta golf dengan atap dan lampu serta kecepatan dan jarak yang sedikit ditingkatkan.

Ide ini cukup sukses sehingga CitiCar mampu terjual sebanyak 4,444 unit. Sayangnya, setelah krisis minyak gas berakhir, mobil ini menjadi terlupakan sehingga sepi pembeli. Sampai akhirnya produsen mobil tersebut dinyatakan bangkrut pada tahun 1997.

18. Buick LeSabre Modern

Dengan penampilan unik dari LeSabre 1951, banyak orang menganggapnya sebagai mobil pameran paling ikonik di dekade itu. Dirancang oleh Harley Earl yang terinspirasi dari mesin jet.

17. American Dream

Mobil berjulukan “American Dream” ini tercatat sebagai mobil terpanjang di dunia oleh Guinness World Records. Panjangnya mencapai 100 kaki dengan 26 buah roda. Limosin berwarna putih lengkap dengan bendera Amerika ini dibuat pada tahun 80-an. Di dalamnya terdapat pemandian air hangat, papan loncat, dan water bed. Juga terdapat beberapa ruangan untuk rekreasi.

16. Bigfoot 5

Saking besarnya, lapisan roda truk ini mampu ditempati oleh manusia. Bigfoot 5 tercatat sebagai monster truck terpanjang, terbesar, dan terluas sepanjang sejarah. Truk yang dirancang pada 1986 ini memiliki ketinggian hampir 5 meter dan berbobot 17,2 ton.

15. Thrust SSC

Bentuknya aneh, ya? Rasanya sudah di luar kategori mobil. Terlepas dari itu, mobil ini juga menyabet rekor, lo! Saat dites di kawasan gurun di Paris, 11 November 1997, mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 1228 km/jam. Kecepatan itu bahkan melebihi kecepatan suara manusia. Fantastis!

14. Peugeot Capsule

Meskipun aneh, mobil satu kursi ini sudah dilengkapi dengan GPS, LCD, dan koneksi internet yang tak terbatas, lo! Mobil elektrik ini terinspirasi dari sepeda motor KLR 650. Juga cocok untuk bepergian karena menyediakan bagasi yang leluasa.

13. Mattrack Truck: the skiing car

Dari segi interior maupun eksterior, mobil ini sebenarnya standar saja sebagaimana mobil pada umumnya. Namun yang tak lazim adalah bagian rodanya yang telah diganti dengan sabuk mattrack. Dengan bahan ini, mobil ini dapat dikemudikan di kondisi jalan apa pun dengan lancar jaya.

12. Dream Car 123: the pyramid electric car

Desainnya memang aneh bin ajaib karena mencontoh bentuk Piramida Mesir. Tapi jangan salah, mobil rumahan buatan Greg Zanis ini sangat ekonomis. Sekali isi ulang selama 3,5 jam, mobil ini mampu dijalankan sejauh 240 mili dengan kecepatan maksimal 65 km/jam. Sekali pengisian listrik cuma menguras biaya 5 dolar Amerika saja. Wow, bisa hemat berbulan-bulan, itu!

11. Phantom Corsair

Jika kamu pengoleksi mobil mainan Hotwheels, kamu tentu tahu mobil ini. Mobil ini didesain oleh Rust Heinz, dengan konsep yang sangat unik. Sayangnya, sang desainer keburu meninggal sebelum mobil ini sempat diproduksi secara massal. Meski sering dianggap mobil gagal, Phantom Cosair termasuk salah satu mobil terdepan pada saat itu karena desain futuristiknya.

10. Tramontana R

Sebagaimana supercar lain, Tramontana R tidak hanya dikenal sebagai mobil racing, tetapi juga sebagai pengemudian di dunia nyata. Mobil ini telah dipersenjatai mesin V12 5.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 888 dk. Top speed diperkirakan melebihi 325 km/jam.

Jika kamu tertarik memilikinya, kaya saja tidak cukup, kamu juga harus beruntung. Pasalnya, mobil ini hanya diproduksi 12 unit saja tiap tahunnya dengan kisaran USD 500.000 per unitnya.

9. Amphicar Model 770

Amphicar Model 770 adalah mobil yang mampu berkendara di atas air. Amphicar sendiri singkatan dari amphibious car, yang berarti mobil yang bisa dijalankan di darat maupun air. Meskipun idenya tampak menarik, sayangnya mobil ini hanya produksi selama 5 tahun saja sejak pembuatannya pada 1960.

8. ETV (Electric Super Car)

Didesain oleh Mike Vetter yang memang spesialis dalam kustom mobil. Banyak sekali keunikan dari mobil ini. Rodanya sendiri berada di dalam sehingga tidak terlihat dari luar. Mobil ini juga cukup murah yaitu hanya US 70.000. Soal performa, memang rendahan karena mesinnya cuma supercharged 2 liter bertenaga 270 dk.

7. Heinkel Kabine

Diproduksi oleh maskapai penerbangan asal Jerman Heinkel pada 1956 sampai 1958, mobil berpintu satu ini adalah contoh bagaimana sebuah perusahaan penerbangan memutuskan untuk memproduksi sebuah mobil.

6. Davis Divan

Mobil beroda tiga ini diproduksi oleh Davis Motor Company, sebuah perusahaan mobil yang hanya memproduksi 13 unit mobil sebelum bangkrut hanya dalam setahun sejak perusahaan tersebut berdiri. Glen Davies adalah orang di balik mobil fenomenal ini. Sebelum bangkrut, mobil ini sempat menerima 300 preorder dengan harga masing-masing 1,5 juta USD.

5. NAMI Okhta

Meskipun benar-benar didesain aneh, mobil ini sempat benar-benar diproduksi pada 1986–1987. Meski demikian, tentu mobil ini menjadi proyek yang terlupakan karena memang desainnya gagal.

4. BMW Isetta

Meskipun bentuknya mini, BMW Isetta sempat menjadi mobil produksi populer pada saat itu. Hal ini terbukti karena mobil ini telah terjual sebanyak 161.728 unit dalam jangka waktu 6 tahun produksi. Mobil ini sempat tersebar ke beberapa penjuru negeri seperti Jerman, Spanyol, Argentina, Prancis, dan Belgia. Salah satu yang bikin doi terkenal adalah efisiensinya yang mampu berjalan sejauh 100 km dengan bensin hanya 3 liter.

3. Stout Scarab

Perancang mobil ini adalah mantan eksekutif Ford Motors William Stout. Stout Scarab adalah mobil efisien, tanpa spatbor, berbahan monoform yang mampu menampung 6 orang. Mobil antik ini juga disebut-sebut sebagai mobil karavan pertama.

2. Messerschmitt KR200

Messerschmit KR200 adalah mobil mini beroda tiga yang didesain oleh aircraft engineer Fritz Frend. Mobil ini tampak seperti mobil golf, bukan? Tapi dengan ukuran yang jauh lebih mini. Produksi hanya berlangsung dari tahun 1955 sampai 1964.

1. Mobil Kayu

Ini memang bukan mobil produksi dan tidak dinamai oleh si pembuatnya, namun rasanya masih cocok masuk lis ini. Pembuat mobil kayu tersebut adalah tukang kayu asal Venesa. Jika diperhatikan, desain mobil ini mirip dengan Ferrari F50. Mesinnya sendiri sudah diganti dengan mesin perahu sehingga mobil hanya bisa berjalan di atas air. Tahu alasannya? Karena pemakaian mobil di jalan raya dilarang di negara tersebut.

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*