25 Mobil Termahal di Dunia!

Kumpulan mobil-mobil termahal di dunia

Anda tentu mengenal sejumlah mobil buatan vendor-vendor terkemuka seperti Ferrari, Lamborghini, atau Bugatti. Tidak hanya cepat dan ciamik, mobil-mobil ini juga dikenal gara-gara harganya yang tergolong mahal.

Namun, di balik layar vendor-vendor raksasa tersebut sebenarnya juga “merahasiakan” beberapa supercar ekslusif yang harganya naudzubillahi min dzalik.

Anda tidak bisa memilikinya, seberapa kaya pun Anda. Bukan hanya karena harganya yang “zalim” yang bisa mencapai puluhan miliar rupiah, tapi unit-unit ini juga diproduksi sangat terbatas. Mungkin saja semua sudah ludes terjual tanpa ada keterangan yang jelas.

Anggaplah masih tersisa, Anda harus berurusan dengan rentetan pajak saat mendaratinya ke Indonesia. Mulai dari pajak impor, pajak barang mewah, PKB, dan pajak tahunan lainnya yang tentunya berlipat-lipat dari mobil biasa.

Jika sudah berhasil membeli dan mengurus segala macam pajaknya? Ada satu masalah lagi: mau ditaruh di mana supercar tersebut? Karena kebanyakan mobil ini tidak legal di jalan raya, Anda hanya bisa mengendarainya di sirkuit.

Jumlah sirkuit di Indonesia bisa dihitung dengan satu tangan, dan tentu harus melalui perizinan yang panjang dan biaya tambahan untuk menggunakannya.

Sehingga dari sini tergeserlah definisi mobil mahal yang berarti tinggi harganya, menjadi mobil ekslusif yang hanya dimiliki segelintir miliarder yang beruntung.

Penasaran seperti apa penampakan mobil-mobil termahal di dunia tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Daftar Mobil Termahal Sepanjang Masa

25. RUF CTR — $793,000

Gambar mobil RUF CTR

Nama lainnya adalah Si Burung Kuning (The Yellowbird). Mobil yang hanya dipasok 30 buah ini mengikuti model-model zaman 1987-an. RUF CTR juga merupakan mobil pertama yang mengusung bahan serat karbon pada sasis monokoknya.

Dirancang oleh tuner asal Jerman RUF yang spesialis menangani produk-produk Porshe. Dilihat sekilas, mobil ini memang mirip dengan Porshe 911. Namun, RUF pastikan unitnya yang satu ini perdana dia buat sendiri, tanpa berbasis mobil apa pun.

Serat karbon juga dipakai di bagian panel bodi, kabin yang minimalis, dan pedal aluminium sehingga bobot keseluruhannya hanya 1200 kg. Khusus joknya, RUF memilih memakai perpaduan antara serat karbon dan kulit Alcantara.

Under the hood, tertanam dapur pacu twin-turbo flat-6 3.000 cc yang mampu menghasilkan 710 daya kuda dan torsi 880 Nm. Tenaga disalurkan ke pelek 19 inci di roda belakang dengan transmisi manual 6 percepatan.

24. Aston Martin Lagonda Taraf — $1 Juta

Galeri mobil Aston Martin Lagonda Taraf

Seri-seri Lagonda sebenarnya sudah pernah dirilis Aston Martin sejak tahun 1974 lalu. Mulai dari seri pertama (1974–1975) hingga seri keempat (1987–1990).

Setelah lebih dari 20 tahun tidak dilanjutkan, ternyata permintaan untuk seri Lagonda berikutnya semakin luber. Barulah pada 2015, Aston Martin memutuskan untuk mengeluarkan seri terbarunya yang diberi nama Lagonda Taraf. Taraf sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti “puncak kemewahan.”

Lagonda Taraf pertama-tama dipasarkan di negara-negara bagian Timur, kemudian merambah ke negara-negara lainnya. Selain itu, mobil yang hanya disuplai 200 unit ini diklaim Aston Martin sebagai sedan terbaik dan tercepat saat ini.

Interior mobil berasal dari bahan kulit ekslusif yang dipasang oleh tangan-tangan terbaik Aston Martin. Panel mobil dibangun dengan serat karbon yang ditingkatkan (Carbon Fibre Reinforced Plastic). Untuk platformnya, sang arsitek lebih memilih memakai aluminium untuk mereduksi panas.

Dari segi performa, mobil ini tergolong sangat gahar untuk ukuran sedan. Dengan mesin V12 6.000 cc, mobil ini bisa berakselerasi 0–100 km/jam hanya dalam 4 detik dengan top speed 380 km/jam.

23. Rolls-Royce Phantom Serenity — $1 Juta

Galeri mobil Rolls-Royce Phantom Serenity

Dengan harga 14 juta rupiah, Rolls-Royce Phantom Serenity disebut-sebut sebagai sedan termewah yang pernah dibuat. Sedan ini siap membanggakan pejabat-pejabat dan entrepreneur yang menaikinya.

Kali ini Rolls-Royce tidak sendiri, namun dibantu rumah desain asal California Tim Bespoke Design yang bertanggung jawab pada interior mobil. Tim Bespoke Design terinspirasi dari interior mobil-mobil Rolls-Royce sebelumnya yang telah mengantarkan para raja, ratu, kaisar, permaisuri, dan penguasa sepanjang sejarah.

Bahan interior memakai sutra yang ditenun. Tempat duduk terbuat dari kayu Smoked Cherrywood bertema oriental lengkap dengan ornamen bam. Atap dan pintu dalam mobil diberi motif bunga yang dilukis menggunakan mozaik kayu terbaik serta kulit kerang mutiara (Mother of Pearl) yang dilaser secara manual.

Dari sisi luar, pabrikan yang khusus menangani sedan dan limosin ini juga telah menambahkan lukisan Bespoke Mother of Pearl, yang mana merupakan lukisan termahal yang pernah dikembangkan Rolls-Royce. Lukisan ini dicat dengan efek mutiara tiga tingkat, kemudian dipoles manual selama 12 jam untuk menghasilkan penampilan berkilau.

Soal top speedmobil ini memang tidak cukup tangguh yaitu hanya 250 km/jam. Namun, karena masih termasuk jenis limosin, mobil ini memang menitikberatkan sektor kemewahan sehingga kecepatannya tidak terlalu diperhatikan.

22. Zenvo TS1 GT — $1,2 Juta Galeri mobil Zenvo TS1 GT

Ingin tahu keunikan Zenvo TS1 GT? Mobil ini bisa berpindah gigi hanya dalam 0,4 detik berkat fitur transmisinya yang disebut “instant shift”.

Selain itu, TS1 GT juga merupakan salah satu mobil berdaya tinggi dengan harga murah di kelasnya: 1136 dk dan 1100 Nm. Top speed? Kabarnya, 402 km/jam.

Pada dasarnya, mobil ini adalah hasil improvisasi dari unit TS1 yang diluncurkan setahun sebelumnya. Tentu saja, dengan peningkatan di segala sektor. Mulai dari bahan konstruksinya yang memakai aluminium ultra ringan hingga bagian interior yang dilapisi serat karbon.

Oh ya, mobil ini dirilis dalam rangka ulang tahun kesepuluh Zenvo. Karena ini merupakan mobil perayaan, tak heran jika produksinya sangat dibatasi yaitu sebanyak 15 unit saja.

21. Pagani Zonda Cinque — $1,2 Juta

Galeri mobil Pagani Zonda Cinque

Ide pembuatan mobil ini berangkat dari dealer ofisial Pagani di Hongkong, yang meminta dibuatkan seri mobil Zonda terbaik yang bisa digunakan di jalan raya. Pusat pun merespons dengan mengeluarkan 10 unit Pagani  Zonda Cinque dengan alokasi 5 jenis roadster dan 5 jenis coupe.

Mobil yang terinspirasi dari Zonda R dan Zona F ini merupakan mobil legal pertama yang memakai frame dari bahan karbon dan titanium. Selain itu, ini juga seri Zonda pertama yang menggunakan transimi sekuansial 6 percepatan.

Soal kecepatan, mobil ini memang tidak cukup ganas ketimbang kebanyakan kompetitornya. Yaitu, dengan top speed 340 km/jam dan 0-100 km/jam dalam 3.4 detik.

Namun, Pagani selalu memuaskan pelanggannya dengan desain interiornya. Kabinnya benar-benar luas; klasik namun sporty. Hampir seluruh komponennya terbuat dari serat karbon, kecuali stirnya yang terbuat dari kulit Alcantara.

20. Aston Martin One-77 — $1,4 Juta

Galeri mobil Aston Martin One-77

Penamaan One-77 tak lepas dari jumlah unit yang diproduksi. Mobil yang pertama kali dipamerkan di Paris Motor Show 2018 ini memang diproduksi 77 unit saja di seluruh dunia.

Mobil ini telah menjurai banyak penghargaan karena desainnya yang unik. Antara lain, Concorso d’Eleganza Design Award for Concept Cars and Prototypes, GOOD DESIGN oleh The Chicago Athenauem, “Best Design” oleh the UK motoring magazine Auto Express, dan banyak lagi.

Tak perlu heran melihat penghargaan-penghargaan tersebut, karena desain mobil ini memang sangat berkelas.

Eksterior yang terbuat dari bahan aluminium ini mengikuti ciri khas Aston Martin, namun dengan lebih banyak gaya dan lekukan aerodinamis. Sedangkan bagian interiornya diberi sentuhan bak pesawat first class dengan background hitam, emas, dan silver.

One-77 juga merupakan mobil tercepat yang pernah dibuat Aston Martin. Berbekal mesin V12 7.300 cc, mobil ini mampu melaju dari diam ke 100 km/jam hanya dalam 3,5 detik. Sementara itu, top speed mobil ini mencapai 354 km/jam.

19. Fittipaldi EF7 — $1,5 Juta

Galeri mobil Fittipaldi EF7

Bagi penggemar F1 tentu tidak asing dengan pembalap legendaris Emerson Fittipaldi. Setelah pensiun dari F1, Fittipaldi terjun menjadi seorang pengusaha mobil dan mendirikan Fittipaldi Company.

Bersama-sama dengan rumah desain Pininfarina dan perusahaan rekayasa berbasis balapan HWA, ia merilis mobil pertamanya yang diberi nama Fittipaldi EF7 Vision Gran Turismo.

Para arsitektur memakai motif hiu pada mobil ini. Serat karbon melapisi setiap sisi mobil, menjadikan massanya sangat kecil yaitu hanya 1000 kg. Dengan dukungan mesin V8 4.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 600 dk pada 8250 rpm dan torsi 510 Nm pada 6000 rpm.

Tak sampai di situ. Untuk mewarisi ilmu yang dimilikinya, Fittipaldi akan memberi pelatihan langsung bagi setiap pembeli mobil ini. Sang legendaris sudah menyiapkan sirkuit khusus sebagai sarana latihan bagi 39 kustomernya.

18. Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport — $1,5 Juta

Galeri mobil Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport

Grand Sport hadir dalam versi coupe dan roadster. Versi coupe-nya dinamai Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport, sementara versi roadster-nya dinamai Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse. ‘Vitesse’ sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti kecepatan.

Baik versi coupe maupun roadster-nya sama-sama punya prestasi “gila”. Versi coupe-nya berhasil mencetak rekor dengan kecepatan 431 km/jam saat diuji di lintasan Ehra-Lessein. Sementara itu, Vitesse sendiri berhasil menjadi mobil roadster tercepat dengan kecepatan maksimum 410 km/jam.

Sebagai informasi, Grand Sport adalah versi keenam dalam album Les Legendes de Bugatti atau ‘Legenda Bugatti’. Mobil yang hanya disuplai tiga unit ini menjadi varian terakhir sekaligus terbaik dalam album tersebut.

17. Lamborghini Centenario LP 770-4 — $1,9 Juta

Galeri mobil Lamborghini Centenario LP 770-4

Mobil seharga 25 miliar rupiah ini hanya dijual kepada kolektor-kolektor lokal dan penggemar berat mobil Lamborghini. Dibuat dalam rangka peringatan 100 tahun kelahiran pendirinya, Ferrucio Lamborghini. Pasokannya pun sangat terbatas, yaitu hanya 40 unit. Alokasinya, 20 unit jenis coupe dan 20 jenis roadster.

Mesin yang digunakan mencontoh Lamborghini Aventador, yaitu 770 CV aspirated V12 6.300 cc. Dengan bekal mesin tersebut, mobil ini hanya butuh 23 detik untuk capai kecepatan puncaknya yaitu 350 km/jam.

Soal bahan, Lamborghini memilih menggunakan serat karbon glossy berwarna hitam keemasan untuk menutupi tubuh mobil. Bahan yang sama digunakan pada bagian interior, kecuali joknya yang dilapisi dengan beledus Alcantara.

Selain itu, tampak layar hiburan 10 inci bernama Apple CarPlay menghiasi dasbor mobil Centenario. Dengan CarPlay, pengemudi bisa melakukan sejumlah aktivitas digital seperti menelepon, mendengarkan lagu, dan membaca buku elektronik.

16. Koenigsegg Regera — $1,9 Juta

Galeri mobil Koenigsegg Regera

Siapa bilang kecepatan mobil legal tidak bisa mengalahkan mobil balap? Buktinya adalah Koenigsegg Regera ini yang masuk dalam jajaran sepuluh mobil tercepat di dunia.

Ya, Regera adalah mobil yang telah bersetifikasi untuk dikemudikan di jalan raya. Mobil seharga 25 miliar rupiah ini merupakan satu-satunya mobil legal yang sanggup menembus kecepatan 410 km/jam.

Mobil ini dipersenjatai dua mesin sekaligus: pertama, mesin aluminium V8 5.000 cc twin turbo yang bisa menghasilkan tenaga 1.100 dk dan torsi 1.250 Nm. Kedua, motor listrik berdaya 620 V dengan kapasitas 9.27 kWh, sanggup menghasilkan 700 dk dan torsi 900 Nm.

Jika kedua dapur pacu tersebut digabung, mobil ini bisa mencapai puncak keganasannya: berdaya 1500 dk dengan torsi 2000 Nm. Tentu, kecepatannya juga akan meningkat drastis.

Hal menarik lainnya adalah mobil ini tidak mempunyai girboks. Transmisinya sudah diganti dengan teknologi powertrain baru bernama Koenigsegg Direct Drive. CEO Christian von Koenigsegg mengklaim, teknologi powertrain-nya ini lebih ringan 220 kg daripada transmisi kopling ganda (dual clutch).

15. Koenigsegg One:1 — $2 Juta

Galeri mobil Koenigsegg One:1

Salah satu karya andalan Koenigsegg ini dihadirkan tujuh eksemplar saja. One:1 sendiri merujuk pada rasio perbandingan massa dan daya mobil ini, yaitu 1.341 kg dan 1.341 dk atau berarti 1 dk hanya membopong 1 kg.

Torsinya sendiri mencapai 1.371 Nm pada 600 rpm. Tak perlu heran jika mobil ini sanggup menempuh hingga kecepatan 450 km/jam. Dari kecepatan 280 km/jam, mobil ini sanggup berhenti tiba-tiba hanya dalam 10 detik. Tentu ini merupakan pencapaian yang fantastis!

Untuk memberikan pengamanan ketat, telah disiapkan jok super ringan lengkap dengan enam sabuk yang memastikan pengemudi tetap berada di tempatnya. Selain itu, tampak bahan serat karbon, mikrofiber, dan plastik berkualitas tinggi menutupi setiap permukaan interior.

Koenigsegg One:1 juga sudah dibekali teknologi canggih. Sasisnya mampu beradaptasi dengan kondisi jalanan berkat teknologi GPS tingkat lanjut. Pengemudi juga bisa mempelajari telemetri mobil dengan bantuan aplikasi yang tersedia di iPhone.

14. LaFerrari Aperta — $2,2 Juta

Galeri mobil LaFerrari Aperta

Salah satu mobil termahal di dunia ini diproduksi sebanyak 210 unit saja. Menariknya, semua unitnya telah ludes terjual bahkan sebelum supercar ini sempat dirilis.

Tak perlu heran para kolektor berbondong-bondong membelinya, karena Aperta memang merupakan supercar terbaik yang pernah dirancang Ferrari. Mobil bermesin V12 6.300 cc ini mampu menghasilkan tenaga 900 dk dengan torsi maksimal 900 Nm.

Bodi mobil didesain ramping dan menggunakan material serat karbon. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak lekungan di sekitar bodi mobil. Semuanya dirancang untuk aerodinamika.

Bagian menarik lainnya? Mobil ini tidak hanya cepat, namun dikenal memiliki handling yang sangat baik karena menggunakan Dynamic Control System. Anda juga dapat beralih ke beberapa mode pengemudian dengan menekan tombol-tombol di sekitar stir.

13. Lamborghini Sesto Elemento — $2,2 Juta

Galeri mobil Lamborghini Sesto Elemento

Anda pasti mengenal mobil ini. Setidaknya, pernah melihatnya beberapa kali di layar televisi atau video games yang Anda mainkan.

Nama Sesto Elemento sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti elemen keenam, maksudnya adalah serat karbon plastik CFRP yang menutupi bodi mobil ini.

Mobil ini sangat populer di kalangan otomaniak. Bukan hanya karena bisa digeber hingga kecepatan 340 km/jam, namun juga bobotnya yang dikenal super ringan yaitu hanya 999 kg dengan rasio 1.75 kg per dk. Sekadar informasi, Honda Fit yang berbadan mini saja beratnya mencapai 1070 kg.

Di seri ini, Lamborghini benar-benar fokus pada akselerasi dan bagian eksterior mobil. Oleh karena itu, jangan kaget jika bagian dalamnya tampak kosong dan hampa. Boro-boro layar digital, AC ataupun stereo pun tidak dicantolkan pada dasbor mobil yang satu ini.

12. Aston Martin Vulcan — $2,3 Juta

Galeri mobil Aston Martin Vulcan

Vulcan adalah versi track-only lain yang dikeluarkan Aston Martin. Ide mobil ini berawal dari keinginan dua senior Aston Martin untuk menciptakan unit yang lebih gahar dari supercar andalannya waktu itu, One-77.

Supercar ini dibangun menggunakan sasis 180 kg monokok serat karbon, bahan yang sama yang digunakan One-77. Selain itu, sayap sudah ditancapkan di punggung mobil untuk memaksimalkan downforce. Di bagian depan, tampak dua lampu LED Xenon yang diatur khusus untuk pengemudian malam.

Menengok bagian dalam mobil, hampir seluruh komponennya dilapisi dengan serat karbon. Mulai dari pintu, sil, hingga rollbar. Joknya sendiri sudah dilengkapi empat sabuk untuk memastikan keselamatan penumpang saat pengemudian kencang.

Aston Martin Vulcan telah diselipkan mesin V12 7.000 cc dengan transmisi Xtrac 6 percepatan. Tak hanya itu, tenaga mobil ini bisa diatur dalam tiga mode: 550 dk, 675 dk, atau 820 dk.

Siapa saja yang membeli mobil ini berhak bergabung dalam program tiga tahun dari Aston Martin. Di sana, pembeli akan dipandu oleh pelatih profesional dan dipersilakan “mengaspali” mobilnya di tiga sirkuit yang berbeda.

11. McLaren BP23 — $2,5 Juta

Galeri mobil McLaren BP23

Mobil termahal selanjutnya adalah McLaren BP23. Ini merupakan unit tercepat yang pernah dikeluarkan McLaren. Hypercar yang terinspirasi dari mobil balap legendaris McLaren F1 ini berkecepatan maksimal 391 km/jam.

Yang unik dari hypercar hybrid ini adalah kursi sopirnya berada di tengah. Perusahaan asal Inggris itu mengklaim, tujuannya adalah mendapatkan sensasi balapan yang lebih mengesankan dan istimewa.

Di bagian dapur pacunya sendiri sudah disediakan twin-turbo V8 berkapasitas 4.000 cc. Soal bahan, bodi mobil terbuat dari serat karbon dan teluk mesinnya berlapis emas.

Hypercar ini diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2018 belakangan ini. Meski statusnya belum dirilis sampai akhir 2018 nanti, seluruh unitnya sudah habis dipesan dengan total 106 unit.

10. Ferrari F60 America — $2,5 Juta

Galeri mobil Ferrari F60 America

Untuk memperingati ulang tahun Ferrari yang ke-60 di Amerika, perusahaan asal Italia itu telah meluncurkan Ferrari F60 America. Jatuh pada tanggal 10 Oktober 2014, mobil yang hanya dijual di Amerika Serikat ini dipasok 10 unit saja.

Basis konstruksi supercar ini adalah Ferrari F12 Berlinetta. Meski begitu, hampir semua komponennya sudah diotak-atik. Atapnya sudah dicopot, bodinya dicat ulang untuk mengadopsi desain North American Racing Team, dan yang terpenting lencana di bagian fender untuk peringatan 60 tahun Ferrari.

Dari segi mekanis, supercar ini tidak berbeda dengan F12 Berlinetta. Mengusung dapur pacu V12 6.200 cc dan bertenaga 740 dk, akselerasi mobil ini bisa mencapai 320 km/jam. Selain itu, mobil ini bisa melaju dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 3.1 detik.

9. Pagani Huayra BC — $2,6 Juta

Galeri mobil Pagani Huayra BC

Mobil yang mungkin sudah Anda kenali sebelumnya. Eits, ada tambahan kata “BC” di belakangnya. Apa maksudnya?

BC mewakili nama mendiang Benny Caiola, pembeli pertama sekaligus kawan lama Horacio Pagani (pendiri perusahaan Pagani Automobilli). Mobil ini dibuat khusus sebagai atribut untuknya.

Bisa dibilang, ini adalah versi ekstremnya Pagani Huayra. Tenaganya telah ditingkatkan dari 720 dk menjadi 750 dk, sedangkan torsinya dari 1.000 Nm menjadi 1.100 Nm.

Selain urusan mesin, bobotnya pun berhasil dipangkas sebanyak 132 kg berkat material baru bernama “carbon triax”. Pagani mengklaim, bahan yang digunakan mobilnya ini jauh lebih ringan dan kuat daripada serat karbon.

Desain mobil yang menggunakan transmisi Xtrac 7 percepatan ini juga sangat spesial dan sporty. “Kami mendesainnya dengan cita rasa khas Pagani dan juga menitikberatkan pada sektor balapan,” ucap Horacio.

8. Ferrari FXX-K — $2,7 Juta

Galeri mobil Ferrari FXX-K

Setelah lama memproduksi mobil-mobil road-legal, Ferrari juga berkeinginan untuk merancang sebuah mobil ekslusif untuk dipertarungkan di sirkuit. Dengan basis LaFerrari, mobil itu pun hadir dengan nama Ferrari FXX-K.

Dapur pacu yang digunakan masih sama dengan LaFerrari, yaitu V12 6.300 cc dengan motor elektrik dan KERS (Kinetik Energy Recovery System). Namun, karena mobil ini didesain untuk balapan, telah terjadi peningkatan di segala sektor. Mulai dari tenaga, aerodinamika, bobot, hingga kecepatan.

Bukan hanya itu, Ferrari juga telah membenamkan empat mode pengemudian yang bisa dipilih driver: Qualify untuk pengemudian jarak dekat, Long Run untuk pengemudian jarak jauh, Fast Charge untuk isi ulang baterai yang lebih efisien, dan Manual Boost untuk mengerahkan seluruh tenaga dan kecepatan yang ada.

Tak sampai di situ, bagi pemiliknya yang beruntung akan dipersilakan Ferrari untuk bergabung dalam Ferrari’s Client Test Driver. Dalam program yang berlangsung dua tahun tersebut, pemilik bisa mengendarai mobilnya di sirkuit khusus yang disediakan langsung oleh Ferrari.

7. Bugatti Chiron — $3 Juta

Galeri mobil Bugatti Chiron

Perkenalkan, Bugatti Chiron, mobil tercepat di dunia. Mobil ini dapat menuju ke kecepatan 100 km/jam dalam 2 detik, dan dapat melaju hingga 420 km/jam. Bahkan, ketika speed limiter-nya dilepas, mobil ini bisa “mengamuk” hingga mencapai 463 km/jam.

Sekilas, Chiron mirip dengan adiknya yang dahulu memegang rekor mobil tercepat, Bugatti Veyron Super Sport. Keduanya memang masih mengusung mesin yang sama yaitu W16 8.000 cc. Namun, Bugatti pastikan 92 persen komponen yang digunakan benar-benar baru.

Tak heran, tenaga yang dihasilkan juga jauh lebih ganas dari Veyron Super Sport, yaitu 1500 dk (pada 6700 rpm) dengan torsi maksimal 1600 Nm (pada 2000–6000 rpm). Belum puas dengan itu, Bugatti juga menyelipkan empat turbocharge dan 6 knalpot di pantat mobil untuk memaksimalkan downforce. Wow!

6. Ferrari Pininfarina Sergio — $3 Juta

Galeri mobil Ferrari Pininfarina Sergio

Ferrari Pininfarina Sergio adalah mobil konsep yang diusung rumah desain asal Italia bernama Pininfarina. Proyek konsep yang diperkenalkan di Geneva Motor Show 2013 ini dirancang sebagai atribut untuk eks kepala rumah desain tersebut, Sergio Pininfarina, yang meninggal pada 3 Juli 2012.

Dua tahun setelah konsep mobil ini dipamerkan, Ferrari dan Pinninfarina memutuskan untuk memasarkan mobil ini. Pasarnya pun sangat terbatas, kabarnya hanya dijual 6 unit saja kepada kustomer-kustomer pilihan Ferrari.

Agar mobil ini memiliki sertifikasi berkendara, ada sejumlah perubahan dari versi konsepnya. Di antaranya adalah tambahan kaca depan, atap yang bisa dilepas (removable roof), spion di sisi kiri dan kanan, dan lampu yang diperbesar.

Yang mengejutkan, Ferrari dan Pinninfarina membuat 6 versi yang berbeda dari 6 unit yang dikeluarkan. Masing-masing punya gaya dan warna cat tersendiri.

Namun, mesin yang dicantolkan tetap sama yaitu v8 4.500 cc dengan 570 dk. Mobil-mobil ini mampu melaju hingga kecepatan 320 km/jam, dengan harga jual masing-masing 3 juta dolar atau sekitar 42 miliar rupiah.

5. Aston Martin Valkyrie — $3,2 Juta

Galeri mobil Aston Martin Valkyrie

Di deretan kelima ada Aston Martin Valkyrie. Mobil ini merupakan hasil kemitraan dengan Red Bull Racing. Bagi Aston Martin sendiri, ini merupakan karya hypercar perdana mereka.

Sekilas tampak mirip dengan Pagani Huayra, namun tentu hypercar yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri. Sebagaimana kebanyakan mobil kelas kakap lain, bagian eksterior mobil dilapisi dengan serat karbon.

Selain itu, mobil ini memiliki eksterior aerodinamika yang unik untuk memaksimalkan downforce: dimulai dari sayap, lekungan samping, hingga bagian bawah mobil yang dibuat terbuka. Tak heran, perbandingan berat dan performanya mampu mencapai 1:1.

Dengan mengusung dapur pacu V12 6.120 cc dan 1.200 dk, performa mobil ini digalang-galang menyetarai mobil F1. Topspeed-nya mampu mencapai 400 km/jam, menjadikan mobil ini diberi slogan “otherwordly performance.”

Jika Anda berharap memiliki mobil sekelas ini, bersegeralah membelinya. Mobil ini memang diproduksi tiap tahun, tetapi suplainya sangat terbatas. Sebagai contoh, pada tahun 2018, mobil ini diproduksi sebanyak 28 unit saja.

4. W Motors Lykan Hypersport — $3,4 Juta

Galeri mobil W Motors Lykan Hypersport

Penggemar balap mobil pasti mengenal film Furious 7. Selain mempertontonkan aksi-aksi heroik dari bintang-bintang ternama, Furious 7 juga menampilkan deretan mobil mewah dan canggih. Salah satu mobil yang banyak menyita perhatian adalah Lykan Hypersport.

Supercar yang satu ini memang begitu fantastis. Warna catnya begitu kental sehingga sangat memanjakan mata. Bagian belakang aerodinamisnya memang sedikit mirip Audi R8, tetapi dengan balutan lampu LED berlapis berlian. Bahkan kursi dalamnya pun ditaburi dengan emas.

Soal kecepatan? Jangan ditanya. Dengan dapur pacu twin-turbocharged flat-six dan transmisi otomatis kopling ganda dengan 7 percepatan, mobil ini mampu melesat dari nol hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik saja. Kecepatan maksimumnya sendiri 395 km/jam dengan ditenagai 750 dk.

Padahal, developer mobil yang berasal dari Arab ini baru beroperasi pada tahun 2012. Tentu masih seumur jagung jika dibandingkan Ferrari atau Bugatti. Lykan Hypersport sendiri pertama kali dipamerkan di ajang Qatar Motor Show 2013. W Motor hanya memproduksi 7 unit Lykan Hypersport.

3. Bugatti Veyron Vivere — $3,4 Juta

Galeri mobil Bugatti Veyron Vivere

Bugatti Veyron Vivere adalah hasil modifikasi dari Bugatti Veyron Vincero yang dipamerkan tiga tahun lalu sebelum edisi ini diluncurkan. Sang perancang mobil, Mansory Vivere, pertama kali memamerkan karya modifikasinya ini di ajang Geneva Motor Show 2014.

Pada karyanya ini, Mansory banyak mengubah dan mengembangkan bagian eksterior. Mulai dari mengubah grill depan; memasang kap yang lebih rendah dan scoops yang lebih besar; memperbarui diffuser belakang, dan banyak lagi.

Sementara di bagian interior, Mansory menambahkan pencahayaan LED canggih untuk menerangi kokpit. Dan seperti halnya bagian luar, seluruh bagian dalam mobil juga dilapisi dengan serat karbon.

Bicara spesifikasi, mobil ini tidak berbeda dengan versi Bugatti Veyron orisinalnya. Yaitu dengan mesin W16 berkapasitas 8.0 liter dengan top speed 395 km/jam dan 1.200 powerhorse.

2. Lamborghini Veneno Roadster — $4,5 Juta Galeri mobil Lamborghini Veneno Roadster

Mau tahu bagaimana rasanya sensasi terbang menggunakan mobil? Lamborghini Veneno Roadster ini mampu menjawabnya.

Mobil yang hanya diproduksi sembilan unit ini dirancang spesial untuk aerodinamika sehingga dapat melaju hampir tanpa tekanan udara.

Perpaduan sempurna antara aerodinamika dengan bodi yang ramping menjadikan mobil ini begitu ringan layaknya berkendara tanpa roda.

Eksteriornya sendiri terbuat dari bahan serat karbon berkualitas. Bahkan, interiornya juga banyak dilapisi serat karbon.

Dengan mesin bertenaga V12 berkapitas 6,5 liter, mobil ini mampu melesat hingga 355 km/jam dengan 770 dk. Rasio perbandingan antara tenaga dan bobot mobil mencapai 2 kg per dk.

Di bagian belakang jok terdapat sebuah ventilasi besar yang memastikan mesin tetap dingin. Selain itu, sayap di bagian punggung mobil menciptakan downforce untuk menjaga stabilitas dan kecepatan saat melewati tikungan tajam.

1. Koenigsegg CCXR Trevita — $4,8 Juta

Galeri mobil Koenigsegg CCXR Trevita

Inilah mobil penutup sekaligus merupakan mobil termahal di dunia, Koenigsegg CCRX Trevita.

Awalnya, Koenigsegg berencana membuat tiga eksemplar mobil Trevita (bahasa Swedia, artinya ‘tiga putih’). Namun, dikarenakan sulitnya proses transformasi dari serat karbon hitam menjadi serat karbon putih yang merupakan material utama bodi mobil ini, jadilah mobil ini dibuat hanya dua unit.

Dilihat dari sisi manapun, mobil yang dirancang pabrikan Swedia ini tampak begitu memukau. Apalagi saat melihatnya pada siang hari.

Secara ajaib, sinar matahari yang jatuh ke bodi Trevita membuat serat karbon spesialnya berkilau bagaikan sebuah berlian berukuran mobil. Tak heran, mobil ini dijuluki “diamond on wheels”.

Soal kecepatan? Jangan ditanya. Dengan bermesin V8 Supercharged Dual Output, mobil ini mampu digeber hingga mencapai kecepatan maksimum 410 km/jam.

Pembeli pertama mobil ini adalah seorang petinju terkenal asal Amerika Serikat bernama Floyd Mayweather. Trevita hanyalah satu di antara koleksi mobil-mobil mahal Floyd.

Ketika membeli mobil ini, Floyd mengeluarkan uang sejumlah 4,8 juta dolar atau setara 69 miliar rupiah. Sementara itu, satu unit lainnya berhasil diborong Antik Bose, seorang milyuner asal Seattle.

Kesimpulan

Itulah 25 mobil termahal di dunia saat ini. Tentu, harga-harganya bikin melongo dan rasanya sayang mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk membeli sebuah mobil. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan uang 10 miliar saja: beli rumah, ponsel baru, mobil Alphard, dan lain-lain.

Namun hal itu tidak berlaku bagi kolektor mobil yang memang hobi mengoleksi mobil-mobil mahal.

Bagaimana pendapat Anda dengan mobil-mobil di atas? Apakah harganya setara dengan kualitasnya? Silakan menginformasikannya di kolom komentar!

Baca juga seri 25 mobil lainnya:

Banyak Dibaca Saat Ini:

Tentang Ihsan Nurul Iman 83 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*