10 Fakta Mengejutkan Tentang Telepon Seluler Anda

Kini, bisa dipastikan hampir di setiap kantong umat terselip sebuah alat komunikasi bernama telepon seluler (ponsel). Mereknya pun bermacam-macam mulai dari Nokia, Oppho, Samsung, atau iPhone.

Terlepas sejumlah kontroversi penggunaannya, akui saja hal ini: Anda tidak bisa hidup tanpa ponsel Anda.

Di postingan ini akan dijabarkan sepuluh fakta menarik tentang “sahabat setia” Anda tersebut. Selain mengungkap sisi putihnya (sisi bagusnya), sejumlah fakta juga mengungkap sisi hitamnya (sisi negatif).

Daripada kepikiran terus, yuk langsung saja simak fakta-fakta menarik seputar ponsel berikut ini.

1. Nokia 1100, Ponsel Terlaris Sepanjang Sejarah

Nokia 1100.

Jika Anda berpikir bahwa ponsel terlaris di dunia adalah ponsel-ponsel keluaran Samsung atau Apple, Anda keliru.

Sejarah mencatat bahwa ponsel tersebut ada pada Nokia 1100, sebuah ponsel GM sederhana yang diluncurkan Nokia pada tahun 2013 lalu.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, tercatat Nokia telah berhasil menjual sekitar 250 juta unit 1100. Ponsel inilah yang membuat Nokia diberi julukan “hape sejuta umat”.

2. Pada 2012, iPhone Sukses Terjual Setiap 4 Detik Perharinya

Tahun 2012 bisa dibilang tahun yang paling berkesan bagi Apple. Tercatat lebih dari 125 juta iPhone dan 60 juta iPad terjual pada tahun tersebut. Selain itu, sejumlah gawai keluaran Apple seperti MacBook dan iPod juga tengah naik daun.

Namun, produk gawai yang paling bikin Apple kaya raya adalah iPhone 5. Sebanyak dua juta preorder iPhone 5 diterima oleh Apple dalam waktu 24 jam saja.

Secara total, Apple sukses mengantongi 156,5 triliun USD dari semua hasil penjualan pada tahun 2012.

3. Berhati-hatilah, Ponsel Memiliki 10x Lebih Banyak Bakteri Daripada Kursi Toilet!

Kita beralih ke fakta ponsel menurut kesehatan. Sebuah studi menyatakan, ponsel memungkinkan untuk mempunyai 10x lebih banyak bakteri dibandingkan kursi toilet. Kok bisa?

Hal ini diyakini karena ponsel lebih sering menerima kontak dibandingkan kursi toilet.

Anda boleh jadi memiliki banyak keluarga di rumah Anda yang memerlukan toilet setiap hari. Bagaimana pun juga, ponsel Anda lebih sering menerima kontak dari tangan Anda karena Anda memakainya setiap saat.

Selain itu, biasanya orang juga malas membersihkan ponselnya karena beranggapan ponsel sudah “bersih”. Sementara itu, kursi toilet lebih sering dikhawatirkan kebersihannya sehingga Anda membersihkannya 2-3 kali seminggu.

Belum lagi kebiasaan di mana orang sering menggunakan ponsel ketika berada di dalam toilet. Hal ini memicu kuman-kuman di dalam WC berpindah ke ponsel ketika Anda memegangnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

4. Anda Sebenarnya Bisa Ngecharge Ponsel dengan Air Kencing Anda

Yup, ini bukan sebuah lelocon. Sebagaimana air, angin, dan matahari, urin sekalipun ternyata juga bisa dijadikan sumber daya pembangkit listrik.

Percobaan pertama pemanfaatan urin sebagai sarana mengisi daya baterai ponsel dilakukan oleh para peneliti Inggris. Mereka mentransformasikan urin menjadi energi listrik dengan memanfaatkan sel mikrobia.

Hasilnya? Ternyata urin merupakan salah satu zat yang bisa memproduksi listrik secara efisien. Sebuah bahan bakar yang diisi dari 600ml urin bisa memproduksi energi yang setara dengan panggilan telepon selama 3 jam di smartphone Anda.

Untuk diketahui, manusia setiap kali kencing mengeluarkan 150—300ml urin. Itu artinya, cukup dengan buang air kecil 2—4 kali, ponsel Anda siap digunakan untuk menelepon selama tiga jam. Menarik, bukan?

5. Ponsel Pertama Sekali Berbobot 1 kg

Dynatac 8000x.

Jika Anda hidup pada tahun 1990-an, Anda tentu paham betul seperti apa ponsel ketika itu: belum bisa internetan, bluetooth, mendengarkan musik, dan bodinya cenderung besar dan berat.

Namun, itu belum seberapa dibandingkan dengan “bapaknya ponsel”. Bapak ponsel yang dimaksud adalah DynaTac yang ditemukan seorang insinyur asal Amerika, Martin Cooper.

Sejarah mencatat, sewaktu ditemukan, ponsel ini berteknologi minim sekali. Boro-boro internetan, koneksi saja masih 1G, bobotnya 1 kg dan sangat besar, serta tidak bisa SMS-an.

Hampir tidak ada yang bisa dilakukan ponsel ini kecuali menelepon selama beberapa saat. Ini karena daya baterainya hanya bisa bertahan selama 20 menit.

Meski demikian, harganya setara dengan 6 unit iPhone X, kisaran 113 juta per unitnya.

6. 70 Persen Ponsel Diproduksi Cina

Di tengah populernya ponsel-ponsel bikinan barat, ternyata tetap saja ponsel Cina yang lebih mendominasi. Yup, meskipun label “Made in China” seringkali dikaitkan dengan produk yang kualitasnya murahan, akui saja bahwa ponsel buatan Cina tidaklah murahan.

Cina memiliki sejumlah merek gawai terkenal seperti Oppho, Vivo, dan Xiaomi. Sejumlah ponsel tersebut memang murah, tetapi hardware yang digunakan sudah benar-benar maju.

Tak heran, bagi kalangan menengah yang memiliki bujet terbatas, ponsel buatan Cina pun menjadi pilihan karena kualitasnya yang premium dengan harga terjangkau.

7. Populasi Ponsel Lebih Banyak daripada Populasi Manusia

Sekarang ini, diperkirakan ada 7 miliar manusia. Namun, ada 7.2 miliar  ponsel yang ada di dunia. Hal ini menandakan bahwa ponsel sudah menjadi barang yang sangat umum. Orang tidak lagi mengantongi satu ponsel, sebagian dari mereka memiliki dua atau bahkan tiga.

Kebutuhan hidup pun sudah bukan hanya sandang, pangan, dan papan saja, ponsel dengan internet yang memadai juga menjadi kebutuhan untuk menyokong aktivitas harian kita.

8. Indonesia Menjadi Negara dengan Pengguna Ponsel Teraktif di Dunia

Seberapa sering masyarakat Indonesia “mengonsumsi” ponselnya? Menurut sebuah studi dari Digital GFK Asia, rata-rata orang Indonesia menghabiskan 5.5 jam per harinya.

Dibandingkan pria, wanita Indonesia cenderung lebih aktif memakai ponselnya karena menghabiskan 5,6 jam per hari. Selama bermain ponsel, perempuan rata-rata membuka 45 aplikasi atau situs-situs web dalam sehari.

Ada pun pria Indonesia, menghabiskan waktu 20 menit lebih sedikit, yaitu 5.4 jam. Namun, rata-rata pria membuka 47 aplikasi atau situs-situs web dalam sehari.

Dengan hitungan tersebut, Indonesia menduduki peringkat keempat dalam kategori negara dengan pengguna ponsel teraktif di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

9. Ada Ponsel Seharga 17 Triliun!

Falcon Supernova iPhone 6, Smartphone termahal sepanjang sejarah.

Berapa sih harga iPhone X? Menurut beberapa toko online yang saya temui, harga yang paling mahal adalah 20 juta rupiah. Meski mahal, nyatanya masih banyak orang yang sanggup membelinya.

Bandingkan dengan sebuah Smarphone bernama Falcon Supernova Pink Diamond iPhone 6. Smartphone yang diproduksi Apple secara terbatas ini memiliki harga 11 juta USD, setara dengan 17 triliun rupiah atau 85 unit mobil Ferrari. Gila!

Padahal, Smartphone ini mempunyai spesifikasi yang sama persis dengan iPhone 6 orisinalnya. Yang membedakan hanyalah di bagian casing, di mana terbuat dari emas 18 karat dan dilapisi lagi dengan mawar emas (rose gold) 24 karat.

Bukan hanya itu, Apple juga menaburi batu berlian berwarna merah jambu di bawah logo Apple.

Apple memang dikenal sebagai pemasok ponsel-ponsel ekslusif dan mewah yang ditujukan untuk kalangan A+ alias milyader. Sebelum ponsel ini, Apple juga telah merilis sejumlah versi iPhone ekslusif lain seperti Supreme Gold Sticker iPhone 3G, Black Diamond iPhone 4, dan Diamond Rose iPhone 5.

10. Di Inggris, ada 100.000 kasus di mana ponsel jatuh ke dalam WC setiap tahunnya

Masyarakat Inggris tergolong orang-orang yang sangat sibuk. Budaya memegang ponsel saat di toilet pun sudah menjadi sesuatu yang lazim.

Tapi, ternyata masyarakat di sana teledor juga. Mereka suka tidak hati-hati saat bermain ponsel di kamar mandi. Alhasil, Inggris pun memiliki rekor terbanyak dalam kasus ponsel jatuh ke dalam WC atau sebanyak 100.000 kasus.

Itulah fakta-fakta menarik seputar ponsel. Bagaimana? Apakah fakta-fakta tersebut membuat Anda lebih menyayangi ponsel Anda atau sebaliknya? Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar.

Tentang IhsanSFD 91 Articles
Penulis sekaligus admin blog ini. Hobi membaca, menulis, terutama seputar hal-hal berbau teknologi.

Belum ada yang Komentar. Yuk jadi yang pertama!

Tambahkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*